Monday, July 25, 2016

Tips Membuat Password Kuat dan Aman Pada Akun-Akun Anda

·   0



membuat password berproteksi
Protection Makes
Password adalah access identity (identitas akses) untuk login kesebuah akun, sekaligus sandi untuk meproteksi akun Anda.

Kata sandi atau dalam bahasa inggris "password" tentu adalah sebuah privasi kita, karena sebuah akun merupakan hak milik yang sudah kita anggap pribadi dan merasa jengkel bila seseorang membuka privasi kita tersebut, defenisi ini sama halnya sebuah kamar kita sendiri atau pribadi, selain orang tua dan anggota keluarga yang masuk kita tentu merasa tidak sudi jika kamar kita dimasuki orang lain, bahkan teman dekat sekalipun. Saya rasa Anda pun pasti merahasiakan kata sandi akun Anda, kalau saya sendiri saya merahasiakan email & kata sandi akun-akun saya, apalagi yang berhubungan dengan bisnis.

Nah, mengingat banyaknya orang yang suka usil kepada akun orang lain, kadang saat login terakhir banyak orang kehilangan akunnya. Dan peristiwa ini juga tidak sedikit, saya sendiri yang sudah menganggap kata sandi saya kuat ada juga orang yang detektif bisa mengetahui kata sandi saya.

Satu pengalaman saya yaitu saat login pada sebuah situs PPC yang tidak perlu saya sebutkan namanya, "username atau kata sandi salah!", tentulah saya merasa jengkel dan bingung karena jika akun tersebut hilang maka uang pun akan hilang, tetapi untunglah email yang saya gunakan untuk PPC tersebut selalu aktif dan saya bisa mereset password.
Saat berhasil masuk kembali, saya melihat saldo sudah berkurang sekian dollar, sempat emosi memang. Mungkin si pencuri lagi ngetest payout kali ya.. :). Hal-hal seperti inilah yang harus kita jaga...


Apa Sih Penyebab Akun-Akun Kita Bisa Dimasuki Orang Lain?

1. Membuat kata sandi yang umum, bahasa biasa, bahasa yang lagi ngetren, dan tidak membuat kata sandi yang privacy maksudnya kata yang mudah ditebak.
2. Membuat kata sandi yang katanya berhubungan dengan biodata kita seperti: alamat, tanggal lahir, nama orang tua, dan sebagainya yang bisa dibaca orang dari data-data diakun kita.
3. Membuat kata sandi dengan kata-kata yang sering kita ucapkan.
4. Menggunakan kata sandi yang sama untuk semua akun kita.
5. Tidak menghapus cookies dan cache pada saat mematikan komputer, pada browser yang bisa auto login karena browser menyimpan data akses tersebut, misalnya (chrome, opera mini, Uc Browser, Safari, mozilla)
6. Serta hal-hal lainnya yang membuat akun kita tidak aman.

Cara 1: Cara Membuat Password Yang Daya Proteksinya Aman?

Dibaca dan dipraktekkan ya,
1. Pikirkan sebuah kata yang sulit ditebak, tidak mengindikasi data pribadi Anda, serta sifat Anda. Walaupun kata tersebut Anda sukai tetapi yakinkan bahwa kata tersebut intim dengan Anda.
2. Membuat kata sandi minimal 8 karakter, semakin panjang sebuah kata sandi akan semakin sulit untuk ditebak.
3. Menambah atau menyisipkan karakter atau simbol : ,.-+'=")(*#><!/@ pada kata sandi Anda. Tentu hal ini akan lebih sulit lagi di tebak. 4. Menambah atau menyisipkan angka pada kata sandi, jangan membuat tanggal lahir Anda, nomor rumah, angka kesukaan, atau nomor-nomor lain yang sudah diketahui orang lain dari Anda. Sangat banyak orang menebak kata sandi dengan celah ini. Kemudian angka yang berurut 123456dst.. Sebaiknya dijauhkan. 5. Padukan semua abjat, angka, dan symbol tersebut agar padu dan membentuk kata sandi yang kuat! Sebagai sample: +1Bisnis+Day.(0m* atau 8!5N!5D4y.(0M tetapi ada satu hal lagi, jangan memasukkan kata sandi yang menggunakan perbaduan karakter tetapi bisa dibaca seperti contoh kedua diatas apalagi jika kata tersebut meyangkut pribadi Anda.

cara 2: Menggunakan Kata Sandi Yang Berbeda Pada Setiap Akun

1. Pada akun 1 Anda membuat sandi yang kompleks, sulit ditebak, namun mudah Anda ingat.
Contoh: kolorkulonggar
2. Pada akun 2 dengan sisipan angka.
Contoh: k0lorkul0n994r
3. Pada akun 3 dengan sisipan symbol.
Contoh: ko£orku£ongg@r
4. Pada akun 4 dengan UpperCase
Contoh: KolorKuLonggar
5. Pada akun 5 dengan perpaduan karakter.
Contoh: k0£0rku£099@r

NB: tidak perlu membuat kata sandi yang terlalu rumit, asalkan sulit ditebak, dan mudah untuk Anda ketikkan.

Semoga bermanfaat!

Fitur ini belum tersedia sekarang :

#Komentar diluar topik tidak akan dibalas
#Spam, Promosi, dan/atau melanggar kebijakan Google & AdSense tidak akan di setujui