Monday, July 25, 2016

Rahasia Saya Diterima Adsense Hanya Dalam 2 Hari

·   3





approve oleh google adsense
Approve By Adsense
Berbagai permasalahan yang menimpa para calon-calon publisher yang ingin memiliki akun Adsense sudah menjadi kontroversi dalam dunia blogging. Sangat banyak blogger yang mengeluh akan permasalahan ini, saya juga pernah merasakannya. Namun ternyata ada hal-hal yang diluar nalar dan kepastian dalam penerimaan Adsense ini, karena apa tindakan-tindakan yang saya terapkan kepada blog-blog saya yang saya perlajari dari blog-blog lain tidak sepenuhnya bisa membuat permohonan Adsense saya diterima, namun bukan berarti saya mengabaikan saran para pendahulu karena belajar dari pengalaman orang juga sangat berharga.
Jadi, apa yang saya lakukan?
Saya hanya menerapkan apa yang saya mau dengan blog saya dan semua itu tidak lepas dari peraturan adsense, google, dan webmaster, bukan rekomendasi publisher lain.
Dan saat sebelumnya saya membuat blog dengan saran yang semuanya berdasarkan para pendahulu (publisher adsense) blog saya malah ditolak, dan ternyata saya juga menyadari jujur dari diri sendiri itu lebih bermakna, salah satu contohnya dengan siasat dan kesimpulan serta keputusan yang saya lakukan berhasil dan tidak menyangka hanya kurang dalam 2 hari setelah review kedua blog saya langsung di approve, dan blog tersebut adalah yang Anda baca sekarang ini www.bisnisday.com.

Banyak permasalahan-permasalahan serta beragam mengenai penolakan permohonan Google Adsense, padahal diatas semua itu untuk diterima sebagai publisher Adsense ternyata tidak sesulit yang disebut publisher pendahulu (menurut pengalaman saya) dan publisher lain juga berkata semakin hari permohonan adsense semakin sulit, walaupun awalnya saya berpandangan yang sama mengenai masalah ini, dan saya kira Google Adsense tidak membuat peraturan khusus untuk menyetujui permohonan Adsense, apabila membaca kebijakan-kebijakan dalam Adsense, yang kita baca hanyalah peraturan-peraturan positif dan tidak ada syarat khusus dan semua itu berlaku untuk semua calon publisher.

Dan Ini Rekomendasi Para Publisher Master:

*. Artikel blog banyak
*. Menggunakan template blog bawaan atau menggunakan template sederhana
*. Pengunjung blog yang banyak
*. Umur blog tidak terlalu muda atau terlalu tua
*. Membuat laman pendukung pada blog seperti about, contact, terms of service, sitemap, disclaimer
*. Konten harus original
*. Konten mengenai satwa, flora, keindahan alam dan wisata akan lebih mudah diaprove
*. Blog menggunakan bahasa inggris akan lebih mudah diapprove

dan banyak juga yang memberikan saran yang berbeda dari saran diatas seperti:
*. Blog tidak perlu memiliki pengunjung yang banyak
*. Blog tidak perlu menambah halaman pendukung
*. Blog tidak perlu memiliki banyak artikel
*. Semakin banyak umur blog peluang diterima semakin besar
*. Semakin banyak artikel blog peluang diterima adsense juga semakin banyak.
*. Dan masih banyak saran lain.

Beragam dan kontroversi, dan kita juga tidak boleh berkata saran diatas tidak benar dan tidak perlu diikuti, yang harus kita lakukan adalah menerapkan saran orang lain, apabila tidak membuahkan hasil yang lakukan seperti yang Anda bisa dan pahami.

Syarat-Syarat Yang Tidak Diberikan Adsense Dalam Penerimaan Permohonan:

*. Adsense tidak mengkaji kuantitas/banyak postingan
*. Adsense tidak mengkaji umur tertentu dalam blog
*. Adsense tidak mengkaji tolak ukur trafik blog
*. Adsense tidak mengkaji template tertentu untuk digunakan kepada blog
*. Adsense tidak mengkaji pemberian halaman pendukung
*. Adsense tidak mengkaji bahwa kategori artikel tertentu bisa memberikan peluang diterima
*. Adsense tidak mengkaji mengenai bahasa tertentu untuk

saya kira semua point-point diatas seolah-olah menjadi syarat yang mungkin menjadikan calon publisher mengira bahwa menjadi pbulisher Adsense itu memiliki syarat khusus yang harus dilakukan. Menurut saya semua itu terlalu jauh dan mengakibatkan banyak kebingungan... Makanya terjadi banyak penolakan oleh Adsense, padahal Adsense hanya menghimbau para calon publisher untuk mengikuti aturan dan pedoman yang merupakan positif dan bernilai baik itu.

Dan mengapa banyak pendapat yang tersebar mengenai aprovedly ini?
Karena banyak menghasilkan teori akibat dari difusi dan penyesuaian dari para publisher yang dihasilkan dari sumber-sumber yaitu publisher yang diterima dan ditolak, seperti:
*. Halaman pendukung akan membuat pihak adsense menganggap bahwa blog yang diajukan terkesan serius dan profesional
*. Artikel dan pengunjung yang banyak akan menambah nilai peluang diterimanya karena akan berpedoman dalam kerja dan aktivitas pengiklan dan publisher yang baik.
Ya, memang ini adalah siasat yang positif dan memang tidak berdampak buruk pada permohonan kita. Namun, diatas semua itu setidaknya Google Adsense telah memberikan saran dan peraturan agar permohonan Anda diterima, dan saya ambil yang penting. Silahkan baca lanjut.

Peraturan Penting Agar Permohonan Adsense And Diterima

*. Blog harus menyetujui pedoman blogger, adsense, dan webmaster
*. Kondisi blog harus sudah siap untuk dimonetisasi seperti, kelengkapan fisik dan isi blog dan itupun cukup hanya yang dasar saja seperti: blog memiliki artikel, blog memiliki pengunjung, blog mudah dinavigasi, blog memiliki konten yang memberikan kontribusi yang baik, dan paling tidak blog Anda relevan dengan iklan para advertiser.
*. Blog Anda memberikan manfaat yang jelas kepada pengunjung, serta kontribusi yang tampak.
*. Blog Anda tidak berisi konten yang melanggar kebijakan adsense dan google seperti: perjudian, gabling, konten dewasa, provokasi, penyesatan, dan kata-kata yang bisa saja menyinggung orang serta menjelek-jelekkan orang.
*. Beberapa artikel Anda relevan dengan iklan akan memberikan peluang cepatnya blog Anda diterima Adsense (menurut pengalaman saya). Saat email ucapan selamat datang, adsense menyertakan link artikel yang ternyata sangat relevan dengan blog saya. Dan ini penting! Karena google berusaha mempertemukan publisher dan advertiser yang berkolaborasi dengan baik.
*. Konten original seperti tulisan tanpa copas, walaupun rewrite asalkan berbeda penyampaian dan penggunaan kebahasaan.
*. Blog Anda harus berpedoman baik dengan webmaster seperti, mendaftarkan blog Anda disana, verifikasi, melaporkan sitemap, dan blog Anda tidak bermasalah dengan webmaster seperti crawl error, masalah perayapan, url mati, blog tidak responsive, dan memodif sistem didalam blog Anda yang berhubungan dengan webmaster. Ingat ini penting.
*. Menghargai hak cipta, seperti artikel, gambar, video, dan lainnya. Kalau boleh jangan mengespos konten berhak cipta.

Peraturan diatas tidak boleh Anda remehkan sedikitpun, ingat jangan pernah meremehkan peraturan yang dihimbau adsense sedkitpun karena blog Anda tidak akan pernah diapprove.

Jadi Apa Nih Yang Harus Dipersiapkan Agar Blog Anda Diterima Nanti?

1. Buatlah blog diblogger.
2. Menyiapkan custom domain berpeluang besar diterima Adsense, blogspot.com juga tidak masalah
3. Siapkanlah template, entah itu bawaan atau template eksternal dengan catatan, responsive, mudah dinavigasi pengunjung (memiliki widget related article, lasted article, menu navigasi horizontal).
Oh... Hampir lupa! Beberapa blogger berkata agar blog diterima Adsense jangan membuat menu navigasi yang tertuju ke label/kategori, tetapi tertuju ke artikel. Pendapat ini tidak sepenuhnya betul dan tidak ada dalam list peraturan adsense, adsense hanya menyarankan agar blog mudah dinavigasi, dan membuat navigasi horizontal yang mengarah ke label/kategori lebih terbantu! Dan jangan juga lupa sertakan fitur search
3. Menambah halaman pendukung, sebenarnya ini optional saja. Akan tetapi banyak yang berpendapat laman pendukung ini bisa menjadi point diterimanya permohonanan. Saran saya laman yang lebih pas dibuat untuk blog yang masih hosting di blogger adalah sbb:
*. About
*. Contact
*. Disclaimer
*. Privacy Policy
dan terms of service kurang cocok, karena kita ngehost di blogger sekalipun blog custom domain karena blogger bukan milik kita kecuali self hosting. Tidak ditambah juga tidak masalah, no problem! Yang disclaimer juga sebenarnya tidak diperhitungkan kok.
5. Tulislah artikel yang bermanfaat, saran saya silahkan tulis artikel yang rinci dan membuat pengunjung merasa terbantu. Jangan artikel yang pendek... Karena akan dianggap Anda tidak serius dalam monetisasi ini.
6. Menjauhi larangan-larangan yang saya paparkan diatas ya, penting!
7. Blog bahasa inggris dan indonesia sama saja! Tetapi yang lebih gampang Bahasa Inggris. Konten blog BisnisDay.Com bahasa Indonesia kok tetapi cuma butuh 2 hari approvenya.
8. Tips Mengenai Niche/Kategori Blog
Agar konten blog Anda kira-kira tersentuh dengan iklan yang relevan dengan adsense silahkan pilih niche yang produknya sedang tren saat ini seperti:
*. Bisnis/marketing/keuangan
*. Elektronik
*. Otomotif
*. Travel dan Wisata
*. Ulasan Bisnis
*. Fashion
*. Kesehatan/kebugaran/nutrisi
soal trafik tidak perlu dipermasalahkan berapa banyaknya, yang diutamana Google Adsense adalah kelayakan situs.
Blog BisnisDay.Com diterima saat itu hanya memiliki rata-rata 200an PV dengan artikel 104buah. Cukum minim memang kebetulan saya tidak punya jurus SEO, dan memang blog ini saya kelola tanpa SEO, suatu saat saja karena waktu saya ngeblog tipis! Hehe

Tips Penting Lain:
*. Jangan mendatangkan pengunjung dengan sistem pihak ketiga selain mesin pencari saat permohonanan dan review seperti: media sosial, forum, guest blog, dan lainnya.
Entah apa penjelasan pastinya, tetapi disaat blog ditolak pesan yang diberikan google yaitu mendatangkan pengunjung yang organik atau alami. Maka saat permohonan silahkan membiarkan pengunjung datang secara alami dari mesin pencari.


Baca Juga - Hal Penting Mengapa Google Adsense Sulit Menerima Blog Anda?
Apa Rahasia Saya Diapprove Adsense Dengan Cepat?

Sebenarnya ini bukan rahasia kok, seperti yang saya sebutkan diatas tadi, untuk diterima menjadi publisher Adsense tidak memiliki syarat hanya peraturan saja dan peraturan tersebutlah syaratnya, dan tidak sulit kok untuk menghadapi semua persyaratan diatas. Jadi peraturan-peraturan diataslah yang saya terapkan dalam blog ini sehingga blog saya diaprove tanpa masalah dan kendala.
Diawal saya membuat permohonan ke google adsense blog ini ditolak pada review ke 2, saya mengetahui kesalahan saya yang sesungguhnya walaupun pada pesan penolakan mengatakan blog saya tidak memiliki konten yang memadai. Pada saat itu gambar yang saya buat diartikel blog ini saya copas dan tidak saya edit, dan inilah yang saya perbaiki yaitu dengan mengedit gambar walaupun gambar gratis/tanpa hak cipta. . Pada permohonan ke-2 blog ini tidak melewati review pertama lagi, namun langsung dapat di pasangi iklan alias review ke-2. Saat itu saya mengajukan permohonan kembali disiang hari, dan 2 hari kemudian tepatnya pukul 5 pagi saya coba login ke email yang saya gunakan mendaftar adsense, dan saya lihat ada inbox dari Adsense. Judulnya "Selamat, akun Anda telah diaktifkan sepenuhnya" dan saya lihat isi pesannya mengenai akun Adsense saya telah sepenuhnya di setujui, saya pikir itu waktu yang cukup cepat karena publisher lain berkata permohonan diapprove 4-30 hari.
Tetapi saya lihat pada isi inbox Adsense tadi bahwa salah satu artikel saya sangat relevan dengan iklan pada Adsense, barangkali itu salah satu peluang cepat blog saya diterima Adsense...mungkin..... Apakah sama dengan publisher lain? I dont know.
Seiring dengan aturan-aturan adsense, google, dan pedoman webmaster inilah rahasia saya diapprove Adsense secara mulus...
1. Blog saya custom domain www.bisnisday.com
2. Jumlah artikel 104 buah trafik 200an/hari
3. Template blog eksternal seperti yang Anda lihat ini (responsive, tanpa SEO, speed sedang)
4. Halaman pendukung seperti about us, contact, privacy policy, sitemap
5. Menu navigasi yang mudah diakses (navigasi horizontal menuju label, related article, lasted article, popular article, archive)
6. Artikel original, beberapa artikel ditulis dengan sumber lain namun bahasa dan penjelasan tetap original
7. Gambar saya edit sebelum di ekspos walaupun gambar gratis
8. Konten blog ini bahasa Indonesia
9. Kategori bisnis dan marketing
nah, itu saja..
Kesimpula
diterima dan ditolaknya permohonana ke adsense memang akurat, karena yang meriview bukan robot tetapi manusia. So, yang jelas Anda harus jujur, setuju dengan kebijakan adsense, dan tulis artikel bermanfaat! Semoga membantu!..

baca juga - Memilih Niche Paling Tepat Memonetisasi Blog Dengan Adsense

Fitur ini belum tersedia sekarang :

3 komentar:

  1. Kalo menurut saya sih cara daftar adsense yang agan sebutin (penggunaan domain), sebenernya yang gratisan juga masalah seperti dot tk. tapi lebih direkomendasikan yang berbayar sih. trus artikel blog banyak juga bagus tapi saya pribadi dengan artikel 30 biji juga udah tembus adsen. hanya saja dari 30 artikel ini minimal 20 artikel sudah terindeks gugel. umur blog juga nggak harus tua, (kalo emang pake domain). kan kalo pake domain, otomatis umur blog menjadi muda lagi :D.
    menurut saya lebih gampang bikin artikel indo ketimbang inggris. karena kalo kita ngambil artikel dari situs berita, kita bisa edit2. :v kalo bahasa inggris agak rentan kopi paste. tapi sama2 di aprov ko, inggris indonesia gak masalah. (mungkin tergantung nasib masing masing kali ya :D)
    penilaian ane dari blog ini cukup wah, karena iklan yang terpasang melebihi aturan google. iklan adsen maksimum 3 slot per halaman. tapi blog ini ada 5 slot, what the hell ??? wkwkwkwk
    mungkin agan ini pengen dapet banyak klik kali ya... :D kalo pasang 2 / 3 unit iklan juga bagus kliknya, tergantung penempatan iklan.
    saran saya sih mending ganti template dengan template minimalis. kolom artikel juga jangan terlalu lebar, kolom widget sedekat mungkin dengan kolom artikel, agar ctr adsen gede. karena nantinya berpengaruh terhadap nilai cpc adsen. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo domain dotTK memang TLD mbak, cuma kurang sedikit dibanding domain berbayar.
      Kalau soal banyak artikel juga memang tidak ditentuin.

      Kalau soal slot ke-5 iklan tadi bukan mau dapat kl*k yang banyak, saya mau cari tau yang iklan sebelah mana yang paling berpotensi, yang kurang laris entar saya hapus cabut aja...
      ;) :D

      Delete
  2. #yang gratisan juga #gak masalah. (kurang dikit) :D

    ReplyDelete

#Komentar diluar topik tidak akan dibalas
#Spam, Promosi, dan/atau melanggar kebijakan Google & AdSense tidak akan di setujui