Friday, July 29, 2016

Pengangguran? Bisnis Online Adalah Solusi Untuk Mengisi Dompet Kosong

·   0



Unemployment - via wisegeek.com

Walaupun sudah banyak sekali perusahaan-perusahaan baru yang muncul akhir-akhir ini, terutama perusahaan teknologi. Namun pengangguran masih tetap membiak di Indonesia, barangkali jumlah penduduk Indonesia terlalu banyak sehingga tidak tertampung untuk menjadi tenaga pekerja, selain populasi padat skill dan keterampilan yang kurang beda lagi masalah pendidikan yang mayoritas di bawah standar.
Yang jelas, sangat banyak sekali faktor-faktor mengapa masyarakat di Indonesia banyak menganggur.

Pengangguran (ENG: Unemployment) merupakan situasi seseorang tidak sedang menjalani dunia kerja, atau sedang dalam mencari pekerjaan.
menurut id.wikipedia.org: pengangguran atau tuna karya adalah istilah untuk orang yang tidak bekerja sama sekali, sedang mencari kerja, bekerja kurang dari dua hari selama seminggu, atau seseorang yang sedang dalam berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak.

Untuk masalah pengangguran sendiri mungkin sudah tidak terbendung lagi, pasalnya seorang wisudawan yang berhasil menyelesaikan study di Universitas dengan harapan untuk mendapat pekerjaan yang layak pun masih tidak mendapat pekerjaan. Ada apa gerangan? coba tanya diri masing-masing? hehe

Sebenarnya jika kita jeli dan mengetahui banyak hal kita tidak akan pengangguran setengah mati sampai dompet kita benar-benar kosong, karena dunia senantiasa memberikan hibahnya untuk dapat kita manfaatkan sebagai ladang penghasilan. Jadi kita perlu pasang ide, banyak menonton berita, baca koran, baca artikel di dunia maya, bersahabatlah sepenuhnya dengan dunia saya garis bawahi "Dunia Yang Posistif", kita perlu banyak mengesplorasi banyak hal dalam setiap hal yang terjadi, seperti halnya internet. Saya kadang heran pengangguran kok aktif update status di sosial media bukannya menggunakan internet itu menjadi hal yang berguna, saya yakinkan Anda update status tidak lebih dari sekedar kesenangan dan pamer semata. Padahal internet hadir dengan banyak sekali peluang usaha yang benar-benar menawarkan beragam jenis bisnis yang dapat  kita pelajari dan ikuti.

saya sering membuat status dengan ide pokok untuk menghindari konsumtif yang berlebihan, karena negara Indonesia merupakan biang konsumtif dunia dan menjadi salah satu target pasar terbaik dunia. Karena produk apapun yang ditawarkan di Indonesia, masyarakat akan siap membeli dengan harga berapapun! Itulah penyebabnya masyarakat terutama anak remaja banyak yang pemalas lebih menyukai yang instant, sulit bereksplorasi, dan belajar untuk produktif, akhirnya mempengaruhi kualitas pendidikan yang diterimanya karena lebih terlena dengan keasikan gaya hidup modern, sifat konsumtif mempengaruhi pembangunan karakter dan skill/keahlian. Sebenarnya negara kita sudah terlalu miris dan sudah sangat sulit untuk mengendalikannya.

Namun kembali lagi kepada diri Anda, karena masih sangat banyak juga masyarakat yang mau berusaha mencari cara untuk kehidupan yang lebih baik.

Bisnis Online,
Mencari penghasilan atau pemasukan di dunia maya disebut sebagai bisnis online. Namun untuk saya sendiri bisnis online lebih saya pahamkan ke Internet Marketing, pasalnya karena jenis bisnis apapun yang kita jalankan di Internet, entah itu dunia periklanan, barang dan jasa, freelancer, ecommerce, developer, design, publikasi comercial dan sebagainya sejatinya karena menggunakan konsep pemasaran (marketing), sehingga saya sebut sebagai Internet Marketing mungkin bagi penggiat bisnis online lainnya?

Banyak peluang usaha yang dapat kita pelajari dan praktekkan di dunia maya, saya anggap Anda sudah bisa menggunakan komputer atau gadget Anda. Bagi yang merasa gaptek dengan komputer ataupun gadget harus belajar!
di Internet Anda akan menemukan banyak tawaran bisnis mulai dari skala kecil hingga besar, sementara ataupun jangka panjang semua ada, tinggal kita mau belajar atau tidak. dan satu hal internet tidak pernah menawarkan berbisnis dapat menghasilkan uang dalam waktu singkat namun harus melewati perjuangan ibaratkan merintis sebuah usaha.
Untuk menemukan jenis bisnis online di Internet cukup mudah hanya dengan mengetikkan "belajar bisnis online di mesin pencari" atau kata kunci sejenisnya banyak hasil penelusuran yang siap memberitahu jenis bisnis yang mungkin dapat kita jalankan.

Saya akan memberikan beberapa jenis bisnis online yang kira-kira cocok untuk Anda pelajari dan jalankan. berikut, silahkan disimak dulu.
#1 Advertising Business (Bisnis Periklanan) - sifatnya sementara
Bisnis periklanan berkembang sangat cepat dan sangat banyak jaringan periklanan yang bisa Anda pelajari. tempat berbisnis jaringan periklanan di sebut Networking Advertising. Adapun tawaran jenis bisnis dari networking advertising beberapa diantaranya yaitu PTC (paid per click), PTD (pain to survey), PTA (paid to action), cukup itu saja dulu untuk yang lebih mudah. karena mempelajari beberapa jenis bisnis secara bersamaan akan sulit berkembang dan pemahaman akan terhimpit dan berantakan. jadi silahkan coba satu per satu.
catatan: jika ingin serius dalam bisnis online jenis bisnis ini tidak disarankan, karena hanya bersifat sementara dan rentang dengan kegagalan.
1. PTC (paid per clik) - dibayar per click
Bisnis ini merupakan jenis bisnis yang sangat mudah dilakukan apalagi orang awam. Anda cukup mendaftar, kemudian klik iklan yang disediakan di dashboard akun Anda lalu menunggu waktu penayangan iklan berlansung dalam hitungan detik-menit. setelah waktu penayangan iklan selesai maka Anda sudah mendapat bayaran. sebenarnya jika ingin serius untuk mengikuti internet marketing PTC kurang menarik dan kurang memuaskan, karena tidak memerlukan bakat dan kerja yang profesional. Jadi kalau menurut saya mengikuti bisnis PTC hanya menghabiskan waktu dengan bayaran yang sangat sedikit, dan bukan passion saya.
Namun, bagi mereka yang benar-benar serius dibidangnya sudah banyak yang menghasilkan ratusan hingga ribuan dollar dari bisnis ini. masalah bisnis ini website periklanan penyelenggara PTC banyak yang melakukan penipuan, jadi Anda harus mendapat referensi dari yang sudah berpengalaman.

2.Paid To Survey
Jenis bisnis ini juga banyak dilakukan mereka yang baru mengenal dunia bisnis online, sistem kerjanya yaitu untuk mengisi survey, setiap survey selesai maka Anda akan dibayar. sifatnya sama seperti diatas.

3. Paid To Action
Jenis bisnis ini memiliki beragam cara kerja, disebut action karena Anda melakukan sebuah task atau tugas di task manager yang akan diselesaikan. Adapun tugas-tugas tersebut di tawarkan website periklanan sesuai ketentuan mereka. informasi yang pernah saya dapat cara kerja dari jenis bisnis ini seperti membagikan artikel, mengisi captcha, lotery, bermain game, dan lainnya.

jenis bisnis seperti diatas mungkin cocok bagi yang baru mulai mengenal dunia bisnis. Anda bisa saja akan berkenalan dengan jenis bisnis yang lebih menjanjikan.

#2 Freelancer
Freelance adalah jenis bisnis online yang waktu kerjanya sesuai tawaran proyek atau task. Freelancer dilakukan mereka yang memiliki keahlian tertentu seperti content writter, design, proggraming, entry data, logo maker, seo services, marketing services, dan lainnya. Ada ratusan jenis pekerjaan untuk para freelancer. Situs pusat freelancer dan klien (penawar proyek) seperti freelancer.co.id, sribulancer.com, project.com. selain melalui website, banyak juga perusahaan yang menawarkan pekerjaan kepada freelance yang memiliki keahlian yang mereka butuhkan, Anda akan dibayar mahal setiap kali kerja.
Freelancer tidak bekerja layaknya purna waktu (full time) namun sekali menyelesaikan proyek langsung kaya!, selain itu berhubung sangat banyaknya tawaran proyek.
Freelance banyak di geluti oleh pebisnis online biasa maupun berpengalaman, bahkan pegawai kantor yang memiliki suatu keahlian juga kadang menambah pemasukan mereka dengan memborong proyek.

#3 E-Commerce
Jika Anda memiliki sebuah produk yang ingin Anda jual baik produk digital maupun produk fisik, Sangat cocok untuk dipromosikan di interent. Banyak tools dan fitur yang bisa Anda pelajari untuk digunakan sebagai media promosi untuk menjual produk Anda.
Anda tidak memiliki produk?
Jangan takut, banyak suplier yang bersedia untuk menjual produknya lewat pihak ke tiga yaitu affiliater/dropshipper. Namun utnuk mengikuti bisnis ini tidak dapat dengan cepat, kita perlu pelatihan dan memperoleh pejalaran ekstra. Anda bisa belajar melalui website-website yang mengulas mengenai toko online. untuk situs referensi yang saya anggap baik untuk di kunjungi yaitu blog maxmanroe.com, blog tersebut mengulas internet marketing dan akan membuka pengetahuan dan wawasan lebih dalam mengenai dunia bisnis online maupun offline. Namun jika kira-kira Anda ingin langsung to the point dan cepat mendapat pengetahuan dan teknik berbisnis internet marketing seperti kiat promosi, membangun website, SEO, dan lainnya Anda bisa belajar langsung dari pakar-pakar internet marketing, AsianBrain.com adalah salah satu ditus yang saya anggap sangat luar biasa dalam memberikan pembelajaran mengenai internet marketing. Disana Anda akan diperkenalkan teknik-teknik promosi, membangun jaringan, dan memperkenalkan berbagai jenis bisnis yang mungkin cocok untuk Anda. Untuk dapat belajar disana Anda harus mengeluarkan biaya setiap bulannya, Biaya belajar tidak akan seberapa jika Anda sudah sukses kelak.

#4 Publikasi Marketing
Publikasi berarti Anda sedang mempublikasikan sebuah konten baik itu gambar, artikel, video, aplikasi, dan sebagainya. Mempublikasikan konten kita menggunakan blog atau disebut website. Saat ini blog sudah menjadi jenis bisnis yang sangat populer dan diikuti banyak orang diseluruh dunia, telah tercatat jumlah website di dunia ini sudah jutaan mungkin milyaran. Walau sebanyak itu semua berpotensi untuk menghasilkan uang lewat blog-blog tersebut hanya saja untuk sukses dibidang blogging pemiliknya harus benar-benar serius, rajin, dan berkomitmen tinggi. Hanya modal menulis saja tidak cukup namun juga butuh teknik promosi dan membangun jaringan yang tertarget.
Untuk mengkuti bisnis publikasi marketing yang berjangka panjang maka Anda harus sangat diperlukan kerja yang bekelanjutan serta tidak absen, dan blog yang Anda kelola harus di update setiap hari, tentunya kerjanya harus konsiten. diawal memang  ngeblog itu ibaratkan mengerjakan sesuatu yang tidak pasti namun karena akan hasil akan lama terlihat, namun dengan kegigihan yang Anda miliki untuk membangun website tersebut akan membuahkan hasil lebih dari apa yang sudah Anda korbankan. Tidak jarang blogger sukses menghasilkan hingga ratus ribuan dollar setiap bulannya berkat kegigihan yang di lakukan.

ke empat jenis bisnis diatas, merupakan bidang bisnis yang paling di mintai hampir semua internet marketer. Sebenarnya marketing tidaklah sulit sekali yang penting Anda membuka hati dan mau belajar untuk mengikuti bisnis di dunia maya. pengangguran hanya tidur dirumah, menonton dan makan tidak akan pernah mendapat rezeki.
orang berkata hidup itu pilihan, ya benar.. mana mungkin kita menentukan nasib seseorang? Anda sendirilah yang harus menggerakkan diri Anda. Adapun kesuksesan orang lain tidak patut untuk diirikan, itulah pilihan hidup mereka yang sudah lebih dulu berjuang dari pada kita. Yang jelas cari sendiri takdirmu!
ayo bangkit! apalagi bagi yang masih remaja barangkali masih belajar memulai bisnis dari sekarang akan sukses dimasa mendatang.

Sedikit banyaknya sampai disini artikel kali ini, saya akan memposting mengenai jenis-jenis bisnis yang saya tulis lebih dalam lagi. Good Luck!

Fitur ini belum tersedia sekarang :

#Komentar diluar topik tidak akan dibalas
#Spam, Promosi, dan/atau melanggar kebijakan Google & AdSense tidak akan di setujui