Monday, July 25, 2016

Cara Install Windows 10 All Version Lengkap + Gambar

·   1



Window 10 Pro final ( klik untuk perbesar)

Microsoft Corporation telah memperbarui sistem operasi Windows mereka yang ke 10 dan sekarang telah final. yaitu Windows 10 Final. menurut pernyataan dari perusahaan microsoft ini merupakan sistem operasi yang kali terakhir dalam pengembangan Windows dan kita tinggal menunggu saja apa rencana terbaru Microsoft Corporation mengenai sistem operasi yang mereka kembangakan ini. etahkah membuat sistem operasi baru. dan jika windows sudah dalam status final.
banyak fitur dan dukungan yang dihadirkan di dalam Windows 10 apalagi yang versi finalnya. windows 10 memiliki beberapa versi yang dibagi berdasarkan kepentingan penguna seperti Windows 10 Pro, Windows 10 Enterprise, Window 10 Profesional, dan Windows 10 Home. pada umumnya semua versi windows 10 memiliki dukungan dan fitur yang sama dan yang membedakan dari semua versi windows 10 ini hanya beberapa saja.

Perusahaan microsoft memberi kesempatan untuk upgrade secara gratis melalui windows updater yang dimiliki windows 7 dan windows 8, dan windows 8.1. dan notifikasi untuk upgrade akan muncul ketika PC atau komputer Anda sedang terhubung ke internet, dan dengan opsi ini Anda bisa upgrade windows Anda ke versi yang lebih baru secara gratis dan versi yang diberikan yaitu Windows 10 Home. dan untuk mengintsal windows 10 pro, dan versi lainnya mungkin Anda harus membeli lisensinya yang harganya mahal..

nah, bagaimana jika notifikasi upgrade windows tidak muncul? jangan takut bukan berarti OS Anda tidak bisa diupgrade Anda hanya perlu melakukan cek dibagian “Windows Update”.
melakukan upgrade windows semua data Anda tidak akan hilang karena Anda hanya melakukan upgrade saja, namun bagaimana jika disebut sebagai instal? maka Anda harus mempersiapkan DVD installer Windows 10 dan untuk melakukan install bisa juga menggunakan USB installer seperti misalnya fashdisk, dan alat penyimpanan lainnya yaitu dengan mengkompresi file ISO windows 10 ke USB installer Anda dengan menggunakan aplikasi khusus.

A. Proses Untuk Upgrade Windows 10 langsung di PC atau Komputer Anda.

untuk melakukan upgrade tentunya PC atau Laptop Anda  harus menunjukkan notifikasi upgrade windows 10 terbaru, notifikasi ini akan muncul secara otomatis. namun jika notifkasi tidak muncul silahkan untuk pergi halaman windows 10 upgrade langsung dari situs resminya kemudian klik tombol “Upgrade Now”, lalu simpan file setup instalasinya.
jika sudah selesai didownload buka file tersebut untuk kemudian jalankan proses instalasi selanjutnya. dan dengan cara ini Anda harus menghubungkan PC Anda ke internet dan usahakan paket Anda banyak atau unlimited, karena banyak yang akan diunduh dan waktu upgradenya juga cukup lama antara 2-3 jam.

B. Proses Install Windows 10 all version Lewat DVD Installer atau USB
 NB: Baca Semua dan cermati dengan baik tutorial ini jika supaya Anda tidak melakukan kesalahan yang bisa menagkibatkan komputer Anda bermasalah!!

Jika Anda merasa kesulitan mengupgrade Windows 10 langsung dari PC Anda, opsi lain dapat juga Anda lakukan yaitu install windows 10 all version menggunakan DVD Installer atau USB Installer, menurut saya cara ini yang paling mudah dan cepat proses intalasi tanpa masalah hanya membutuhkan waktu 20 menit sampai 1 jam saja.
nah, bagaimana langkah-langkahnya?

1. Perhatikan Spesifikasi minimum PC Anda.
  • Processor: 1 GHz (gigahertz) or faster processor or SoC
  • RAM: 1 GB (gigabyte) for 32-bit (x86) or 2 GB for 64-bit (x64)
  • Hard Disk Space: 16 GB for 32-bit OS or 20 GB for 64-bit OS
  • Graphics Card: DirectX 9 or later with WDDM 1.0 driver
  • Display Screen Resolution: at least 1024×600
  • Microphone: for Cortana use (optional)
2. Menyiapkan Media dan Tools Kemudian Konvert File Iso Windows 10
a. file iso windows 10 Pro final version download disini (lapor dikomentar jika link download rusak)
b. DVD kosong  (4 GB keatas) atau flashdisk kosong (4 GB keatas) (khusus untuk DVD installer tidak perlu melakukan kompresi karena tinggal install)
c. tools untuk mengompresi file iso ke USB dan DVD Installer yang saya gunakan yaitu Software Rufus download disini (lapor jika link rusak)
cara mengonversi:
1. jika file iso windows 10 sudah selesai di download downlaod juga software tools tadi yaitu RUFUS.

2. jalankan tools rufus, colokkan USB atau kaset DVD (saran saya lebih baik menggunakan falshdisk lebih  mudah didapat serta lebih cepat prosesnya. dan jika baterai Anda kira-kira tidak sampai 1 jam lebih silahkan dicharger, supaya laptop tidak mati saat proses intalasi berlangsung.
3. perhatikan gambar penampakan tools rufus dibawah:

sesuaikan semua pada tools rufus di PC Anda sesuai dengan gambar diatas, kemudian klik start, lalu klik OK lagi juka ada alert, dan biarkan proses konversi selesai, semua file berada didalam file iso windows akan dicopy ke USB installer, proses ini bejalan sekitar 10-20 menit tergantung flashdisknya.
jika sudah selesai jangan dicabut dulu flashdisknya karena kita akan langsung ketahap instalasi dan tutup tools rufus tadi.
3. Backup Semua Data Anda yang Penting
karena pada saat proses menginstall semua file dihardisk akan di clear maka Untuk itu backup semua data Anda. dan jika tidak silahkan pindahkan semua file yang penting tadi ke local D:

4. Setelah semua sudah dipersiapkan  sekarang Anda langsung pesiapkan laptop Anda, kemudian langsung praktek!

NB: perlu diperhatikan jangan melanggar atau mengubah cara-cara instalasi yang saya terapkan diartikel ini, supaya proses instalasi berjalan lancar dan tidak terdapat masalah.

*. jika dirasa semua sudah beres, maka sekarang tutup semua aplikasi yang berjalan, kemudian Restart PC Anda,

*. jika logo PC atau laptop Anda muncul dilayar, dengan cepat tekan hotkey untuk masuk ke pengaturan BIOS (beberapa laptop untuk masuk kemenu BIOS berbeda hotkeynya).
ASUS: tombol delete, Acer : F2, Lenovo Fn+F2, untuk laptop lainnya saya kurang tahu tetapi pada umumnya F2. yang penting menurut merek laptop masing-masing hotkey antara F1, F2, F3, F4, F5, F6, dst.

5. setelah masuk kemenu BIOS Setup, masuk lagi ke menu Boot, lalu lihat disana akan terbaca USB installer yang Anda colokkan ke laptop, silahkan pilih dengan enter, maka kemudian laptop akan kembali ketampilan startup dan menampilkan logo windows 10 lagi loading.
seperti dibawah:

nah, sepertinya sudah dimulai seh prosesnya dan bakalan langgeng.. hehe

6. selanjutnya,

pada menu Time and Currency Format silahkan pilih Indonesia, hanya itu saja yang perlu diubah, lalu kemudian klik NEXT.

7. kemudian akan muncul lagi tampilan seperti dibawah:

kemudian pilih install now, namun jika masih Ada yang ingin Anda seleaikan terlebih dahulu dilaptop Anda silahkan klik Repair Your Computer, dan lihat pilihan disana untuk booting ke windows lama Anda, namun jika dirasa tidak ada lagi yang perlu silahkan klik Install Now.

8. setelah tujuh,


tidak Perlu dijelaskan pilih yang nomor 2 yang judulnya: “Custom: Install Windows Only (advanced). kemudian akan menuju langkah berikutnya.

9. selanjutnya,

ditahap ini mungkin sering ada sedikit masalah,  mengenai pemilihan partiti (memori untuk tempat instalasi),
silahkan pilih partition local C, memang tidak akan disebutkan secara langsung local disk C disana akan tetapi Anda pasti ingat berapa ukuran local C Sobat, misalnya 100 GB, 50 GB, atau berapalah.
dan jangan sampai salah sehingga yang terpilih akhirnya jadi local disk D yang merupakan temnapt penyimpanan untuk backup data file Anda tadi.
pilih dive C partition (ingat ukuran local C laptop Anda), kemudian klik format, dan tekan tombol next.
pada langkah ini sering terjadi kesalahan misalnya masalah partitin yang ternyata tidak jenis GPT, soal ini silahkan tanya saya langsung dikomentar.
10. setelah itu lanjutkan lagi seperti gambar dibawah ini,

nah, akan tampil seperti gambar diatas biarkan proses ini berlangsung sampai selesai ini merupakan proses intalasi pada tahap memanajemen datanya. maka waktunuya juga cukup lama sampai 30 menit bahkan.
setelah tahap 10 ini selesai laptop Anda akan otomatis restart dan tunggu hingga proses installnya selesai, jika sudah selesai maka laptop Anda akan hidup kembali. proses restart akan sedikit lama sekitar 10 menit.

11. jika laptop Anda sudah hidup langsung cabut USB atau flashdisk Anda (PENTING), karena jika flashdisk masih menancap disana maka laptop Akan melakukan install ulang dan akan mulai seperti dari awal kan ribet.

12. setelah melakukan booting/proses menghidupkan, maka tampilan laptop Anda seperti dibawah,

ini merupakan tampilan untuk memasukkan nomor lisensi dari windows 10 yang biasanya diberikan ketika membeli DVD installer windows 10.
*. jika Anda melakukan upgrade Anda tidak perlu memasukkan key product karena untuk upgrade windows langsung dari server microsoft gratis tetapi yang versi HOME, dan tinggal klik saja Do This Later, lalu klik next.
*. jika Anda melakukan install windows secara manual yaitu menggunakan DVD installer windows 10 atau dengan USB yang dikompresi, Anda harus membeli lisensinya dari microsoft atau dari toko komputer, atau toko yang menyediakan lisensi windows 10, langkah ini bisa di skip dan dapat diaktifkan kapan Anda mau, sebelum key product dimasukkan windows 10 Anda masih belum aktif dan akan selalu muncul tulisan “activated your windows”.
NB: jika ingin windows 10 Anda aktif secara gratis, masukkan email Anda di kolom komentar akan saya kirimkan cara aktivasi windows 10 (gratis).
13. akan muncul tampilan berikut untuk login dengan akun microsoft, jika tidak punya tidak perlu diisi. karena nanti juga bisa di isi ketika semua proses instalasi ini selesai.
berikut screenshootnya:

silahkan klik Skip to Step
14. dan selanjutnya akan muncul tampilan untuk mengisi nama dan password windows Anda, seperti dibawah,

*. Who Going To Use PC : isi dengan nama Anda, atau nama siapa saja
Pada kolom password “make it secure”
*. kolom enter password : isikan password komputer Anda (menurut yang Anda mau)
*. re-enter password : masukkan password kembali
NB: untuk password 1 dan 2 merupakan password yang harus dituliskan ketika laptop Anda dihidupkan dan harus terkoneksi ke jaringan, maka jika jaringan tidak Ada Anda tidak bisa masuk ke laptop Anda, karena password tersebut adalah password akun microsoft Anda.
namun, jika ingin masuk dengan password tanpa terkoneksi keinternet, maka masukkan password dikolom “password hit”, samakan saja dengan password account microsoft Anda.
jika Anda tidak ingin komputer Anda ber password atau mungkin diisi nanti saja setelah selesai, tidak perlu di isi silahkan klik NEXT.
15. tunggu sebentar, maka windows Anda akan melakukan proses menuju halaman beranda windows Anda.
This Won’t Take Long

tunggu hingga proses ke beranda selesai.
16. maka tampilan windows 10 Anda selesai, tampilannya yang keren dan dinamis.
Window 10 Pro final ( klik untuk perbesar)

screenshot diatas merupakan tampilan untuk laptop saya yang sudah diinstall windows 10 pro final version beberapa hari yang lewat.

nah, sampai disini Anda sudah selesai. jangan langsung close tab silahkan dibaca mungkin penting.
Plus Mengenai Windows 10.
windows 10 merupakan versi windows terbaru dan yang terakhir yaitu versi final.
*. kebanyakan software/aplikasi yang ingin diinstall harus menggunakan NET.Framework 3.5 khusus versi windows 10, maka perlu sekali untuk mengintallnya.
nah, demikianlah artikel ini semoga bermanfaat……

Jika Ada masalah silahkan lapor ya,

Fitur ini belum tersedia sekarang :

1 komentar:

  1. saya ingin activation code windows 10 pro nya, tolong

    ReplyDelete

#Komentar diluar topik tidak akan dibalas
#Spam, Promosi, dan/atau melanggar kebijakan Google & AdSense tidak akan di setujui