Monday, July 25, 2016

Begini Cara Optimasi SEO Onpage Yang Tepat dan Lengkap!

·   0




optimasi seo onpage blog
Optimasi Seo Onpage
Dalam memperluas jangkauan pasar yang lebih luas dan dalam, satu hal yang sangat penting kita laukan untuk menarik pengunjung yaitu dengan optimasi SEO. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Harapan marketer menerapkan SEO yaitu untuk memperbaiki posisi website atau blognya pada halaman pertama di SERP atau search engine. Perlu Anda ketahui untuk mengoptimasi halaman web kita tidak boleh berlebihan dan lebih disarankan Anda mengoptimasi SEO Onpage secara sederhana namun tidak lepas dari kelengkapan elemen-elemen yang di strukturkan kepada HTML website Anda.

Dan Apa Saja Langkah Yang Kita Lakukan Untuk Mengoptimasi Website?

Langkah-langkah optimasi dibawah ini adalah elemen-elemen dimana menjadi faktor penting dalam pemaksimalan SEO onpage situs kita, dan berikut elemen-elemen yang akan kita optimasi.

1. Bagian Tittle Tag
2. Meta Description dan Keyword
3. Optimasi Judul Artikel Tag H1
4. Alamat website yang tepat
5. Menulis artikel yang benar-benar berkualitas
6. Mengoptimasi gambar pada artikel
7. Menempatkan kata kunci pada 100 kata pertama
8. Menulis artikel yang panjang dan berbobot 1500+ kata
9. Terapkan Long Tail Keyword pada judul artikel
10. Menerapkan keyword ISL dalam artikel.

Semua unsur diatas memang cukup berpengaruh pada proses indeks dan posisi artikel Anda pada SERP atau search engine.
Okay sekarang kita menuju kepada penjelasannya... Silahkan dibaca terus ya.
1. Bagian Title Tag

Penempatan kata kunci pada judul setiap halaman blog harus tepat. Apabila blog Anda masih tergolong baru dalam mengoptimasi SEO, Anda harus mengikuti saran saya.
Yang pertama kita perhatikan yaitu, menempatkan kata kunci pada awal judul!
Mengapa kita perlu meletakkan kata kunci pada awal judul?
Kata kunci yang terlihat pada awal judul akan lebih memudahkan mesin pencari dalam mengindeks artikel Anda karena penempatannya yang dekat dibanding dengan meletakkan kata kunci dibagian tengah atau akhir judul. Hal ini terutama bagi Anda yang suka menulis judul panjang, karena ditakutkan kata kunci atau inti judul tidak akan terlihat karena terpotong dimesin pencari.
Nah, agar mudah Anda pahami.. Saya akan berikan contoh judul dimana mengandung title tag yang tepat dan tidak.
*. Menghasilan Seratus Dollar Setiap Bulan Dari Adsense
*. Inilah Cara Menghasilkan Seratus Dollar Setiap Bulan Dari Adsense.
Nah, perhatikan pada judul pertama Anda boleh melihat bahwa judul diatas mengandung kata inti yang singkat dan padat. Dan itulah yang dinamakan meriset keyword.

2. Meta Description dan Keyword

Meta Description dan Keyword adalah elemen penting untuk menunjang blog Anda berapa pada posisi terbaik SERP.
Sebelumnya, apa sih manfaat dari meta description?
Meta description akan terlihat dimesin pencari dibawah judul sebagai wakil utama dari isi artikel Anda. Apabila pemberian deskripsi baik maka semakin berpeluang untuk pengunjung memilih artikel Anda.
Ada 2 halaman yang memerlukan meta description, yaitu homepage dan setiap artikel.
1. Homepage, memberikan deskripsi blog Anda secara keseluruhan.
2. Artikel, memberikan deskripsi artikel Anda sebagai wakil dari isi artikel.

Jadi, bagaimana dengan Keyword?
meta keyword berfungsi mengotimasi blog agar mudah ditemukan di mesin pencari sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan. Sama seperti meta description, kata kunci juga digunakan untuk homepage dan artikel, pada bagian hompepage kita bisa menambahkan meta keyword secara manual, dan untuk artikel keyword diletakkan pada 100 kata pertama artikel. Nanti akan saya bahas lagi.

Bagaimana menuliskan keyword yang tepat?
keyword1 adalah kata kunci inti!
Keyword2 kata bantu
keyword3, keyword4, dan seterusnya kata kunci pendukung yang sesuai dengan niche dan kategori artikel Anda.
Contoh keyword: belajar bisnis online, cara belajar bisnis, bisnis gratisan, mudah, modal sedikit, marketing, pemasaran, affiliate dan dropship, dan sebagainya..

3. Optimasi Judul Artikel Tag H1

Letakkan kata kunci yang tepat pada judul artikel Anda dan posisikan pada Tag H1. Dan ingat Anda harus optimasi sedemikian rupa yaitu Tag H1 ini harus diberikan pada setiap judul, dan hanya ada 1 saja H1 pada setiap halaman. Dan usahakan jangan sampai H1 none!
4. Alamat URL Website Yang Tepat

URL blog juga berperan baik dalam dalam optimasi onpage. Kita mengetahui bahwa penulisan url dalam blog-blog berbeda-beda, baik panjang, maupun formatnya.
Bagi Anda yang ngehost di blogger, wordpress, tmblr, dan penyedia blog lainnya url blog tidak masalah.
Akan tetapi perlu diperhatikan, jangan menginput URL dengan karakter yang bisa merusak SEO seperti + % ~ kecuali -

5. Menulis Artikel Yang Benar-benar Berkualitas

Artikel yang berkualitas adalah hal yang wajib dan harus kita terapkan pada blog kita untuk meniti kesuksesan nantinya. Secara etika, menjadi blogger itu yang harus diperhatikan adalah menulis artikel yang yang bermanfaat. Satu hal lagi, jangan melakukan kopy paste atau plagiat karena akan merusak citra blog bahkan mengalami masalah nantinya, selain itu copy paste juga akan merusak optimasi SEO pada blog kita.

6. Mengoptimasi Gambar Pada Artikel

Meletakkan gambar saat menulis artikel sangat disarankan, karena bermanfaat sebagai ilustrasi pendukung artikel, selain itu mempercantik blog.
Bagaimana mengoptimasi gambar pada artikel?
Memberikan atribut alt, seperti title, description, caption, bila perlu keyword. Kalau bisnisday.com keyword juga saya ikutkan.

Meletakkan Kata Kunci Pada 100 Kata Pertama dalam Artikel

Mesin pencari seperti google lebih suka mengindeks artikel melalui paragraf awal dalam setiap artikel. Agar SEO onpage blog Anda maksimal, silahkan mengisi artikel yang penuh arti dan inti pada kata-kata pertama blog Anda.

8. Menulis Artikel Panjang dan Berbobot

Artikel yang panjang lebih maksimal SEOnya dari pada artikel yang isinya pendek atau sedikit, karena yang diIndeks juga sedikit bahkan nyaris tidak diindeks oleh google.
Para SEOers menyarakan agar menulis artikel blog dengan panjang suku kata 1500+, supaya kompetitior dalam meriset kata kunci cukup luas dan berpeluang lebih besar untuk berhasil menduduki halaman pertama di Mesin Pencari.

9. Menggunakan Long Tail Keyword Pada Judul Artikel

Sering didalam keyword yang masuk keblog kita tidak sepenuhnya sama persis dengan kata kunci pada blog akan tetapi kata kunci dimana memiliki sinonim atau persamaan dengan kata kunci yang kita buat.
Nah, jika terjadi kasus seperti ini dalam blog Anda mungkin saja tanpa sadar Anda telah melakukan long tail keyword tanpa sadar.
Nah, bagaimana menerapkan long tail keyword pada blog?
Silahkan menetukan sebuah kata kunci utama dan mengeksplornya menjadi 5 keyword, Anda tidak harus menyamarkan persis ke 5 keyword tadi kepada judul artikel Anda bisa menuliskan keyword hanya dengan sinonimnya saja, karena sangat banyak kata kunci yang ditemukan seperti ini.

Kemudian, tulislah kata kunci yang populer dan menarik perhatian banyak netizen, seperti daftar terbaik, 2015, paling baik, paling banyak dicari, dan sebagainya. Inilah yang dinamakan long keyword tail yang sebelumnya telah dieksplorasi dari kata kunci utama.
10. Menerapkan Keyword ISL

Meriset keyword ISL sangat membantu indeks blog Anda pada SERP.
Sebelumnya apa sih ISL itu? ISL adalah singkatan dari Latent Semantic Indexting, dimana artinya yaitu keyword turunan yang memiliki hubungan atau relasi pada kata kunci yang kita tuliskan pada mesin pencari yang terdapat pada bagian bawah hasil pencarian.

Bagaimana mendapatkan kata kunci ISL ini?
Pertama silahkan ke google.co.id atau google.in
ketikkan kata kunci utama kemudian Anda akan menemukan hasil pencarian, silahkan gulir ke daerah paling bawah disana ada kata kunci yang memiliki kemiripan dengan kata kunci yang kita tuliskan, itulah yang disebut dengan relasi.
So, bagaimana menggunakannya?

Silahkan gabungkan kata-kata ini atau yang paling menonjol dari setiap kata kunci turunan tadi lalu satukan menjadi judul artikel. Nah, saran saya setiap Anda ingin menuliskan judul artikel silahkan melakukan riset ini.

Nah, demikanlah artikel saya mengenai optimasi seo onpage, jika Anda merasa kebingungan atau ingin bertanya silahkan di kolom komentar..
Baca juga - Ingin Blog Go Internasional? Ini 4 Kiat Menulis Artikel Yang Tepat

Fitur ini belum tersedia sekarang :

#Komentar diluar topik tidak akan dibalas
#Spam, Promosi, dan/atau melanggar kebijakan Google & AdSense tidak akan di setujui