Wednesday, April 20, 2016

Ingin Jadi Penulis Buku? Lakukan Ini! dan Kiat Menulis Buku Yang Benar

·   0





menjadi seorang penulis
Writter, Memoirist, Publisher
Hai sobat-sobat, selamat datang.
Awalnya saya sama sekali tidak suka membaca novel, apapun jenis novelnya. Tetapi suatu saat (di perpustakaan sekolah) saya melihat sebuah buku dengan sampul yang bergambarkan seorang guru tertawa manis saya sangat tertarik untuk melihatnya.
Saya coba ambil, dan melihat covernya lama sekali, kemudian selanjutnya membalikkan sampulnya tadi dan lihat sampe lembar kesekian hingga baca halaman pembuka/protokolnya.
Hanya membaca satu paragraf saja, saya ketagihan, dan ingin membaca lagi, dan kemudian lagi..

Ada satu hal yang membuat saya sangat tertarik dengan buku tadi, yaitu "penyampaian bahasanya", karena biasanya saya hanya suka membaca buku-buku ilmiah, materi, dan lainnya yang jelas tidak berbau kisah/cerita yang dimana hanya mengedepankan opini, fakta, dan bahasa formal lainnya yang tidak mengundang perasaan. Oh, sebelumnya buka yang saya ceritakan diatas berjudul "Teacher Man" (Pak Guru) ; Novel Terjemahan; karya Frank McCourt, yang ternyata penulis Autobiografi yang terkenal didunia dan mendapat penghargaan Pulitzer.


Nah, kembali lagi selepas dengan penyampaian bahasa diatas, sebuah novel juga memiliki banyak makna tersirat dan ciri khasnya mengundang pembaca untuk merasakan apa yang dirasakan tokoh utama.

Secara sadar sebenarnya bagi Anda yang suka membaca novel fiksi, biografi, ataupun autobiografi pasti tahu bahwa novel benar-benar ajaib dalam memikat kita, bahkan tidak akan bosan sampai bukunya selesai. Dan satu hal yang membuat demikian adalah cerita, plot, dan konfliknya, satu lagi resolusi. Kalau saya sendiri, nilai tersiratnya juga sangat kena, dan itulah sebabnya saya kadang sangat simpati bahkan mencintai seorang penulis novel, dan menuliskan biografinya di wikipedia.

Nah, paragraf diatas hanyalah pembuka saja, sebagai dukungan untuk artikel ini. :D oke kita mulai...


Banyak orang pengen jadi penulis, apalagi Anda yang suka membaca karya novel. Dan setidaknya 50% diantaranya pengen jadi penulis novel. 2 dari 5 teman saya yang sangat suka membaca novel dengan koleksi novel bahkan pinjamannya yang banyak juga terobsesi ingin jadi penulis novel. Namun kurang dari 10% dari penyuka novel yang berhasil menciptakan karya novel (kalkulasi sendiri).


Menjadi seorang penulis itu tentunya menyenangkan, selain karena ingin mengungkapkan isi otak, eh.. Isi hati, kita juga senang karya kita dibaca oleh orang lain dan melihat profile kita, apalagi bagi Anda yang jago menulis bukunya menjadi bestseller, wah.. Terkenal dong...


Menjadi seorang penulis sebenarnya mudah kok, hanya saja batu penghambat didepan kita yang harus kita hindari yaitu bagaimana membuat naskah yang sangat bagus, menarik, dan kita harus tahu bagaimana buku yang disukai orang lain. Itu saja syarat utamanya..

Jika Anda telah memenuhi ini, untuk menerjunkan buku kepublik mudah!
Tinggal kirim naskah Anda kepenerbit (sesuai dengan panduan/persyaratan penerbit) seperti, grasindo, andi, gramedia, dan lainnya. Selain naskah ada lagi yang harus dipersiapkan seperti profile penulis, tentang penulis, sinopsis naskah, alasan mengenai bahwa buku Anda pantas untuk dipublikasikan, dan alasan khusus lainnya terganting penerbit. Ini akan kita bahas selanjutnya..


Apa Alasan Yang Membuat Anda Ingin Jadi Penulis?
Setiap peristiwa tentunya punya reason, dan juga mengenai Anda ingin menjadis seorang penulis. Saya tidak mengotot ingin tahu sekali apa alasan Anda menjadi penulis, tetapi jika memang Anda benar-benar ingin menjadi penulis lanjutkan saja. Awalnya kecil jika bertumbuh bisa jadi besar...
Saya sangat menyukai seorang yang suka menulis, bahkan saya sering mengundang teman-teman saya untuk menitiskan buah pikirannya dan mengirimnya kepada saya dan akan saya publikasikan keblog saya.

Umumnya orang yang termotivasi menjadi penulis yaitu berawal dari suka membaca, jika Anda suka membaca dan semakin banyak ilmu yang Anda dapat, apalagi jika menarik, hal yang menarik inilah yang sering mendorong kita untuk ikut juga menuliskan hal yang menarik seperti yang telah Anda baca. Konon dari dulu sifat manusia memang peniru dan tidak akan terelakkan, dan karena penirulah orang jadi pintar. Namun hanya saja, jika suatu saat Anda memulai buku pertama Anda, Anda menulisnya secara duplikat yang artinya konsep dan penyampaian sama dengan buku yang Anda sukai.


Nah, apapun reason Anda yang berproblema menjadikan Anda pengin menulis itu keunikan Anda. Dan sekarang jika memang ingin menjadi penulis, tinggal lanjutkan saja, just do it, dan jangan bosan dan berhenti.



Saya Ingin Menjadi Seorang Penulis, Apa Yang Harus Saya Lakukan, Dari Mana Saya Akan Memulai, dan Bagaimana prosesnya untuk Mempublikasikan Karya Saya?

jangan melangkah, karena artikel saya agak paralel.

Nah, silahkan simak ini....


1. Ketahui Bagaimana Menulis Yang Benar

Sebelum melangkah/praktek, baik sekali jika Anda mengetahui kiat menulis yang baik.

Menulis buku yang baik itu harus kompleks dan sesuai dengan harapan orang-orang, kita bisa mengetahui harapan orang dari diri kita dahulu, buku seperti apa yang kita sukai?, bagaimana ceritanya? Alurnya? Keunikan penyampaiannya? Makna? Pesan? Moral dan sosialnya? Dan sebagainya.
Jika sudah tahu selera Anda sekarang mulailah berpikir "bagaimana saya akan menulisnya?."
nah, untuk memulai, selera Anda diatas sebagai konsep dasar buku Anda, dan mulailah menulis...
Belum tahu memulai dari mana? Baca lanjut!


2. Mengetahui Langkah Menulis Novel Yang Benar

langkah-langkah menulis novel!

1. Kumpulkan kronologi alur cerita Anda dahulu.
a. Perkenalan, perkenalan tokoh tidak selalu dari masa kecil atau paling awal kisah.
b. Munculnya tokoh lain,
c. Perkenalan masalah
d. Perkembangan masalah
e. Konflik
f. Pemecahan masalah
g. Resolusi
h. Reorientasi.
Ada baiknya untuk menyiapkan bahan diatas (sebagai konsep dasar) sebelum memulai mengetik, tentukan saja isinya ya.
Saat prose menulis, biasanya konsep diatas bisa saja berubah, ini adalah hal wajar, dan konsep dasar bukanlah mutlak/paksaan, hanya saja sebagai membantu Anda untuk menemukan ide selanjutnya.
2. Mulailah menulis halaman pembuka, sebagai pintu masuk pembaca. Menulis halaman pembuka harus menarik, dan tidak terlalu panjang, usahakan tidak lebih dari 2 halaman.
a. Bukalah paragraf sebagai pemanasan pembaca
b. Menulis halaman pembuka dengan suasana sejuk.

3. Mulailah menulis awal cerita, memberikan sub judul sangat disarankan dalam buku. Sebagai panduan pembaca ditambah penomoran juga baik..


Contoh; 1. Aku Datang dan Dia Ada.


4. Tulislah kalimat sebagai awal dari cerita yang akan Anda kisahkan. memulainya bisa saja dengan suasana yang mengundang emosional seperti peristiwa. Ataupun dengan menggambarkan suasana lingkungan.

5. Lanjutkan tulisan Anda sesuai dengan konsep yang Anda siapkan, jika saat proses penulisan Anda kira-kira ingin mengubah sedikit itu tidak masalah. Karena semakin Anda menulis, Anda akan semakin menemukan banyak ide, dan konsep bisa saja berubah. Tetapi jangan memengaruhi kebaikan bukunya.
6. Perhatikan Jalannya alur cerita buku Anda, agar lebih berwarna masukkan lebih dari satu alur, seperti alur maju, alur mundur.

7. Kiat menulis yang bagus itu yaitu menyampaikan kisah dengan nuansa yang alami, dan penggambaran suasana hati dan latar akan sangat mendukung kekuatan rasa buku Anda.


8. Terapkan keunikan Anda, keunikan adalah kiat khusus yang dimiliki seseorang yang tidak dimiliki orang lain untuk menyiasati sesuatu agar bernilai lebih.

9. Selesaikanlah buku Anda.
Halaman terakhir setidaknya memiliki pesan, atau boleh juga dengan situasi yang membanggakan, atau haru.
Kadang juga jika seorang penulis berencana akan melanjutkan sekuel novel cerita ini akan ditanggungkan. misalnya seorang musuh yang sudah mati bangkit kembali.


3. Susun Naskah dan Pendukungnya

Susunlah novel Anda dengan baik, dan perhatikan kelengkapan naskah seperti. Sinopsis (ditempat terpisah karena mungkin editor akan memasukkannya kedalam cover), daftar isi yang lengkap secara kronologis (ditempat terpisah, ini hanya akan dibaca editor ketika memeriksa naskah, kemudian alasan Anda mengapa naskah Anda pantas untuk dipublikasikan, kemudian protokol (sebagai pembuka naskah, ditempat terpisah).


Jika Anda memang berencana ingin mengirim naskah kepenerbit buku, supaya langkah Anda mulus silahkan kunjungi alamat situs penerbit buku untuk mencari informasi mengenai persyaratan pengiriman naskah. Nah silahkan disimak dengan baik ya....



4. Kirim Naskah Anda Kepenerbit

Dengan informasi dan persyaratan yang telah Anda terapkan dari penerbit buku, jika Anda merasa sudah tepat maka sekarang lakukanlah pengiriman naskah.


Ada dua metode dalam pengiriman naskah:

1. Offline, melalui kantor pos dengan alamat box penerbit buku.
2. Online, melalui email atau upload langsung ke website.

Ulasan saya ini masih hanya garis besarnya saja, dan akan saya posting bagian-bagian khususnya selanjutnya. Jika ada diskusi silahkan dikomentar ya.. Semoga bermanfaat.


Baca Juga - Review Buku: Angela Ashes - Frank McCourt (Kisah Nyata)

Fitur ini belum tersedia sekarang :

#Komentar diluar topik tidak akan dibalas
#Spam, Promosi, dan/atau melanggar kebijakan Google & AdSense tidak akan di setujui