Thursday, March 24, 2016

Ini 5 Macam Usaha Kuliner Yang Berkembang Saat Ini, Coba Mana?

·   0





jenis usaha kuliner
Foodpreneur

Begitu menggirukan usaha di bidang kuliner. tak perlu makanan yang rumit atu suliet cara memasaknya, namun makanan yang dengan mudah kita dapat dan sering dijumpai sehari-hari pun bisa menjadi lahan usaha kuliner yang meguntungkan. ditinjau dari besar kecilnya usaha, berikut 5 macam jenis usaha kuliner yang telah berkembang.

1. Rumah Makan

Rumah makan adalah tempat yang menyajika makanan, di mana makanan yang tersaji telah dimasak terlebih dahulu. dalam hal ini makanan telah dimasak, meskipun tidak ada pemesanan, rumah makan tentunya menyediakan makanan matang yang siap saji.
berikut beberapa rumah makan yang mungkin sudah sering Anda dengar, Rumah Makan Padang, Rumah Makan Ayam Lodho, Rumah Makan Batak, dan sebagainya.

karakteristik rumha makan dapat dilihat dari jenis menu yang fikus dalam rumah makan tersebut dan tentunya jenis makanan yang disajika dapat mudah kita ketahui dari nama Rumah Makan itu sendiri.

ingin coba usaha ini?
sebenarnya tidak sulit untuk emncoba memulai usaha rumah makan, hanya saja tekat kemauan dan persiapan diri saja yang paling perlu di persiapkan, dan satu lagi mencari modal usaha! hehe..

2. Restoran

Dibanding rumah makan Restoran tentunya tempat kita untuk makan yang lebih besar, menu lengkap, serta dapat menerima pesanan dari pelanggan.
untuk dapat dikatakan restoran, sebuah usaha kuliner itu harus memiliki standar  yang mencakup pengelolahan. seperti misalnya ketersediaan bahan baku yang lengkap, tingkat kebersihan yang baik, kualitas rasa yang dihasilkan para chef yang jago pula, tenaga keja yang produktif, pelayanan yang baik, dan sebagainya itu baru bisa dikatakan usaha restoran.
 Di Negara Prancis, baru-baru ini telah menetapkan peraturan yang ketat mencakup perizinan mendirikan sebuah restoran. mungkin karena negara yang sudah ditingkat negara maju sehingga untuk penggolongan dari restoran harus baik.
namun jika kita lihat Di Indonesia perbedaan antara restoran dengan rumah makan tidak terlalu jauh perbedaannya, hanya beberapa restoran yang benar-benar memiliki konsep seperti halnya restoran di luar negeri.

untuk memulai usaha restoran sangat perlu persiapan yang matang, dimulai dari pemodalan, kosep restoran, rekrutmen tenaga kerja yang berkualitas, tempat usaha yang baik, dan lain sebagainya. jika dilakukan dengan mengambil potensi yang baik dan kerja sama tim yang baik usaha restoran akan beroperasi dengan sangat baik. boleh di coba!

3. Kafe
Pengertian Kafe secara harfiah adalah minuman kopi. Tetapi secara umum, kafe identik dengan tempat yang menyediakan aneka minuman dan makanan ringan. sebuah tempat makan yang dibuat senyaman mungkin dengan konsep yang berbeda. olhe karenanya, kafe seringkali dijadikan sebagai tempat berkumpuk anak-anak muda, komunitas ibu-ibu, maupun bapak-bapak yang ingin berkumpul dengan acara suasana santai.
Bahkan, kini banyak bermunculan kafe yang memiliki kualitas lebih demi menarik pelanggan. Misalnya, adanya musik atau band, layanan jaringan internet seperti wifi, televisi dengan layar lebar. pemandu acara, dan lain sebagainya yang dipekerjakan disana.

Nah, untuk merintis usaha kafe yang sesuai dengan tuntutan masyarakat zama sekarang setidaknya kita harus memilikirkan secara matang mengenai persiapan usaha dan perekrutan tenaga kerja, bahkan mungkin saja untuk mengundang artis, hehe...
 dan yang jelas usaha kafe selalu memberikan yang terbaik bagi pengusahanya karena kafe merupakan tempat rekreasi nomor 2 setelah objek wisata.

4. Kedai Makanan

Kedaihampir sama dengan toko atau warung. Bedanya, pengertian kedai dengan warung biasnaya lebih sederhana, atau dengan konsep tradisional. semua barang makanan yang dijual akan dipajang, sehingga, pembeli dapat melihat barang yang akan dibelinya. Biasanya, makanan yang tersedia adalah makanan yang sifatnya bisa tahan lama (awet). demikian pula dengan minuman, minuman yang tersedia umumnya berupa kemasan, seperti kaleng, kotak, dan sebagainya. namun ada pula yang menyediakan makana basah, atau minuman yang dibuat dahulu jika dipesan. seperti kopi, teh, dawet, dan lainnya.

Kedai makanan memiliki ruang lingkup usaha yang kecil, namun tidak menutup kemungkinan jika kedai yang selalu laku dan beroperasi dengan baik akan berkembang menjadi sebuah usaha makana yang membesar dan ramai. selain itu menjalankan usaha kedai makana tidak boros mengenai pemodalan.

5. Gerobak Kaki Lima

Usaha makanan atau minuan  yang dalam pemasarannya tidak permanen dan tidak memiliki lokasi usaha khusus. Biasanya berpindah-pindah ketempat lain sesuai kuantias banyaknya orang.
 Usaha jenis ini tentunya menekan pemodalan. karena umumnya tidak membutuhkan tempat usaha, dan tidak perlu untuk menyewa sebuah gedung atau ruko, hehe karena akan bayar sewa dan pajak.
kelebihan dari usaha kuliner jenis ini adalah, kapanpun bisa berpindah-pindah tempat tanpa terikat waktu, sehingga kemungkinan untuk mendapatkan pembeli relatif mudah. contohnya beberapa usaha yang menggunakan gerobak yaitu bakso, gado-gado, es dawet, es puter, burger, kebab, ayam goreng, sate ayam/dagung, dan lain sebagainya.

Meski terkesan hanya kecil dan dianggap rendah beberapa kalangan sebenarnya usaha ini juga bisa bekembang menjadi besar, yaiut dengan cara menyediakan gerobak dalam jumlah yang banyak, lalu mencari pekerja untuk menjalankan gerobak tersebut. jika ingin meningkatkan usaha juga bisa dengan membuika kerja sama waralaba.

 Walaupun dipandang kecil tetapi usaha gerobak telah memberikan banyak manfaat kepada banyak kalangan bukan hanya pemberi jajanan kepada akan sekolahan, tetapi juga memudahkan mereka untuk menemukan jajana bagi mereka, begitupun dengan untuk kalangan lainnya yang membutuhkan pengusaha kuliner gerobak untuk membeli sajian makana mereka.


nah, mungkin Anda sudah sedikit tahu mengenai 5 macam usaha yang mungkin saja cocok untuk di jalankan, semua usaha itu baik yang penting halal, dan walaupun hanya sekedar usaha geobak tetapi jika kita melakukan promosi dan menyejikan jenis makanan yang baik maka kita bisa menghasilkan income yang besar. Anda mungkin pernah dengan Es Krim Pot kan? itu juga usaha gerobak yang sekarang telah terkenal di seluruh nusantara dan di cari-cari pelanggannya.

demikianlah artikel kali ini semoga bermanfaat..

Baca juga - Es Pot Makboy - Waralaba Kuliner Es Krim Unik Dengan Kemasan Pot

Fitur ini belum tersedia sekarang :

#Komentar diluar topik tidak akan dibalas
#Spam, Promosi, dan/atau melanggar kebijakan Google & AdSense tidak akan di setujui