Monday, February 22, 2016

Ingin Blog Sebagai Sumber Mata Pencaharian? Ini 5 Strategi Suksesnya

·   0




penghasilan lewat blog
Work Blogging


Hallo, Salam bersama saya Admin HariBisnis.com.
Banyak sekali blogger yang punya impian agar blog mereka dapat menjadi sebagai sumber mata pencaharian, bukan hanya blogger yang berasal dari Indonesia saja tetapi juga diseluruh dunia.
Menjadikan blog sebagai sumber mata pencaharian faktanya bukanlah hal mudah ibaratkan seperti membalikkan telapak tangan, yang dapat dilakukan dalam beberapa minggu saja, bahkan banyak blogger yang tengah sukses mereka baru dapat menjadikan blog sebagai ladang pencaharian setelah kerja di blog selama beberapa tahun. Dan saya sendiri juga tentunya sudah merasakannya, menghasilkan uang lewat blog memang cukup sulit.
Namun, kabar baiknya walaupun ada kata sulit disana sebenarnya secara harfiah bukanlah sangat sulit yang dimana kita tidak tahu harus memulai dari mana dahulu, Anda pasti tahu ngeblog itu hanya menulis “just writes away”, apa sih susahnya? Namun jika boleh jujur sebenarnya saya juga kadang malas untuk menulis kok hehe…
Kata-kata diatas sebenarnya sudah cukup membosankan bagi saya, mungkin akan lebih baik jika kita langsung Run To The Point!.

Setiap kandungan masalah, visi dan misi, impian atau apalah saudaranya memiliki kelemahan untuk di ditaklukan oleh penerobosnya, jika kita ambil contoh tujuan utama Anda adalah untuk menjadikan blog sebagai sumber mata pencaharian maka kita pastinya punya solusi, punya cara untuk menggapai impian tersebut, bagaimana dengan mereka-mereka yang sukses ya kan?

Startegi adalah senjata kita untuk dapat mewujudkan impian, strategi adalah kiat yang bisanya paling ampuh dalam menyelesaikan sebuah peristiwa.
Startegi apa yang akan kita lakukan untuk topik ini?

#1 Belajar Konsisten Untuk Mengelola Blog Anda.

Ya, tidak aka ada habis-habisnya para choaching untuk menyarankan kita supaya tetap konsisten dalam mengelola blog, simple saja untuk mencermatinya.
Banyangkan jika blog yang sudah Anda buka dan sudah mulai Anda kelola tetapi Anda panas dingin dalam mengelolanya, tentunya blog Anda tidak akan memiliki progress yang adanya malah regress (penurunan) oleh blog-blog lain yang tengah dikembangkan juga. Maka untuk itu Anda harus sadar dan menyakinkan diri Anda supaya untuk lebih giat, lebih produktif, dan lebih konsisten dalam melakuakn pekerjaan yang satu ini.
Penting sekali lho… jika misalnya Anda dapat menghasilakan 5 artikel dalam satu hari walaupun dengan satu blog yang fokus dalam niche sempit untuk memperbanyak artikel update di blog Anda, jika dihitung dalam 1 bulan pertama blog Anda sudah memiliki 150 artikel, apalagi satu tahun blog Anda sudah mempunyai 1800 artikel yang akan dibaca oleh pengunjung dan yakinlah jika blog yang Anda kelola tersebut memiliki artikel yang benar-benar bermanfaat maka sudah dapat dipastikan blog tersebut sudah dapat mencetak penghasilan pertama blog Anda.
Ditahun 2015 lalu tepatnya tahun dimana blog ini saya buat, setengah tahun saya menjalani tahap monetisasi blog saya dengan metode PPC (pay Per Click) hanya dengan 2 blog dengan artikel yang tidak banyak juga setiap blog tesebut hanya memiliki sekitas 500 artikel perblogya, yang tentunya bermanfaat bagi siapa yang membutuhkannya, dengan sedikit strategi, tanpa SEO yang jelas (karena memang saya tidak mengerti teknik SEO), “just writes away”, dan saya sudah berhasil mencetak penghasilan pertama saya, saya langsung membeli peralatan blogging supaya semakin produktif lagi (laptop baru, dan modem baru).
Nah, itulah manfaatnya jika kita konsisten, walalupuin sebenarnya cukup menekan akan tetapi meman begitulah menjadi blogger, write, write, write dan write. Dan tidak hanya write saja, kita harus menerapkan kaidah yang sehat dalam menulis tadi supaya tidak sia-sia kita lelah menulis artikelnya. Artikel harus lengkap, tidak hasil copas, focus, dan bermanfaat.

#2 Tema Blog Yang Anda Sukai
Jika kita memiliki hobby tertentu, yakinlah itulah passion Anda dalam mengelola blog. Jika misalnya Anda pecinta motor, sering mencari tahu informasi motor, tahu banyak hal tentang motor, maka Anda sudah punya cukup modal dalam mengisi blog Anda. Dan jika habis ide, tinggal cari informasi. Dan yang jelas seorang blogger yang tahu jati dirinya, passionya, lewat kecintaannya maka ia akan lebih tahu apa yang akan selalu ia update di blognya.
Anda bisa saja mengelola blog yang mungkin tidak Anda sukai, asalkan Anda tidak anti dengan tema blog tersebut misalnya kesehatan, jika Anda punya niat untuk mengelola blog tersebut dengan modal baca dan baca, Anda tidak akan kesulitan dalam menguisi artikel blog Anda. Maka hari itu juga mulailah mencintai tema tersebut, dan jangan berhenti sampai blog tersebut sudah pada tahap monetisasi, dan jika sudah berhasil menghasilkan dollar entah dengan metode monetisasi apapun, Anda boleh mencari penulis di blog Anda.
So, Keep it for your successes.

So, jika Anda memiliki blog dengan tema yang Anda cintai “kamu banget!”, ditambah lagi blog dengan niche lain. Silahkan dirawat, dan jangan sampai berhenti, maka semakin cepat Anda dapat mencetak penghasilan lewat blog Anda perbulannya.

#3 Blog Isn’t Hobby, But JOB
Jika dipikir-pikir point yang satu ini penting lho, mungkin saat ini Anda masih menganggap blog Anda masih hobby? Lebih baik sekarang Anda belajar untuk menyikapi bahwa aktivitas Anda selama ini adalah sebuah pekerjaan. Simple saja, sesuatu yang dianggap sebagai hobby bisa saja menjadi nomor 2 setelah aktivitas utama Anda, dengan demikian Anda bisa saja menunda  pekerjaan blog tersebut.
Namun, banyak blogger yang memulai karier blogger berawal dari hobby, bukan hanya blogger saja, dengan hadirnya startup, jejaring social, program, aplikasi dan sebagainya kerap kali sering hadir dengan latar belakang dari hobby. Namun Anda tahu, kesuksesan itu akan hadir ketika Anda melepaskan kata hobby tadi menjadi pekerjaan Anda.
Bedanya pekerjaan dengan hobby adalah, pekerjaan sama sekali tidak boleh ditunda, karena secara mutlak pekerjaan tidak boleh ditolak dan sudah bagian dari janji kita.

#4 Ciri Khas Itu Penting
Strategi yang satu ini dipakai hampir semuda blogger, begitu juga dengan perusahaan kepada brandingnya. Ciri khas itu memiliki sifat yang disukai orang atau tidak disukai orang.
Dan ciri khas harus ada dalam blog Anda. Ciri khas sering dikaitkan dengan keunikan, dan keunikan tersebutlah yang menjadi disukai oleh pengunjung.
Kelebihan dari blog yang memiliki ciri khas adalah mudah dikenali, mudah dipahami, serta mudah diingat. Ciri khas tentunya memiliki perbedaan dari blog lain “different of other”, dan perbedaan inilah yang dimanfaatkan para strategy marketer untuk meningkatkan konversi.
Tetapi perlu Anda ketahui dalam membuat ciri khas jangan hanya berpatok absolut akan keinginan Anda, tetapi cari tahu apa yang diinginkan oleh pengguna (pengunjung), bagaimana caranya?
Pelajari dari blog lain
Buka blog yang Anda sukai, dan perhatikan aktivitas pengunjungnya lewat komentar. Komentar atau tanggapan yang positif adalah jawabannya. Dan kemudian, semakin banyak komentar dalam artikel blog maka Anda dapat melihat pola dan bahasa dalam blog tersebut, itu cukup mudah dicerna. Semakin Anda rajin mengunjungi blog yang memiliki pengunjung loyal, Anda akan semakin pandai dalam memahami ciri khas yang cocok untuk blog Anda.


#5 Membentuk Komunitas (Community) Blog Anda
 Strategi berkarir dalam blog sama halnya dengan berkarir didunia marketing produk, karena produk Anda yaitu blog Anda sendiri. Nah, membangun komunitas itu cukup berpengaruh dalam perkembangan pasar blog Anda, karena dengan komunitas blog Anda akan semakin mudah dijadikan media Tanya jawab, perkenalan, serta mengenal lebih dalam blog dan seluruh pengunjung bloh Anda.
Namun, tidak perlu dulu membangun group seperti di facebook, karena kurang maksimal dalam pasar. Namun lebih baik membangun komunitas blog dalam bentuk akun official sebagai bentuk komunitas blog Anda, seperti fanspage blog Anda, akun resmi jejaring social di google plus, twitter, path, linkedin, dan lainnya.
Anda dapat mempublikasikan artikel Anda ke jejaring social diatas dengan cara mengintegrasikan blog Anda dengan jejaring social tersebut, promosi lewat jejaring social yang tepat sangat bermanfaat sekali dalam menarik pengunjung, bisa saja sampai 500% disbanding dari mesin pencari. Tetapi supaya tetap terjaga kredibilitas pengunjung Anda, Anda harus tetap update dan konsisten.
Strategi ini disebut sebagai social media marketing, stategi ini bisa saja berbayar dan gratis sesuai kebutuhan pasar kita.
Dan yang tidak kalah hebatnya lagi,dalam membentuk komunitas blog Anda juga dapat menambah halaman diskusi atau forum. Forum ini sangat ampuh untuk menarik pengunjung, serta membuat pengunjung betah dengan blog Anda. Forum juga dapat menjadi sarana berkenalan.

Nah, mungkin itulah startegi ngeblog untuk mnejadikan blog sebagai mata pencaharian Anda, startegi siatas masih garis besar dan belum sedetail mungkin. Dan tenang saja, kita akan tetap update semua strategi diatas secara rinci.

Demikianlah, selamat bekerja, dan dapatkan kesuksesan…

Fitur ini belum tersedia sekarang :

#Komentar diluar topik tidak akan dibalas
#Spam, Promosi, dan/atau melanggar kebijakan Google & AdSense tidak akan di setujui