Saturday, August 6, 2016

9 Kiat Sukses Bagi Anda Wirausahawan Pemula

·   0




kiat sukses wirausahaan pemula
Success

Dalam menjalankan usaha setiap entrepreneur mencita-citakan kesuksesan atas apa yang dia jalankan, tetapi seorang wirausahawan yang baru memuali usahanya kadang merasa sangat sulit untuk melakukan pengembangan dalam menghasilkan dan memasarkan produk sehingga perlu sekali bagi mereka untuk mendapatkan pencerahan dari entrepreneur yang sudah sukses agar dapat dijadikan pendorong dan kiat dalam menjalankan usahanya.

Menurut Scott Gerber di entrepreneur.com, setidaknya ada 9 tips yang mesti dilakukan agar seorang pengusaha pemula dapat berjalan dan mudah dalam menuju kesuksesan, berikut..


#1 Menguasai 100 Persen Konsep Bisnis Anda

Hal yang semestinya harus dimaksimalkan adalah mengenai penguasaan konsep bisnis yang kita jalankan. Setiap pengusaha yang sedang merintis usaha tentunya dia tahu apa konsep dasar dalam usahanya, nah karena konsep tersebut memang ada dalam diri Anda, sekarang Anda perlu memaksimalkannya.
Dan satu lagi, jika membangun usaha tanpa konsep yang jelas dari ownernya saya kira usaha yang dijalankan tidak akan sesuai angan-angan. So, perlu keunikan usaha dalam diri Anda, jika Anda memang memiliki jiwa entrepreneurship saya kita konsep tidak bermasalah buat Anda.

Konsep sangat penting, terutama jika bisnis Anda membutuhkan bantuan investor atau kerja sama dengan pihak lain.
Jika Anda tidak bisa memaparkan bisnis Anda secara gamblang, yakinlah tidak akan ada investor yang tertarik berinvestasi bersama Anda. Scott bilang: "Say it in 30 seconds or don’t say it at all!"

#2 Fokus-Fokus dan Fokus!

Karena berbagai faktor luar maupun dalam, kadang entrepreneur sedang tidak maksimal dalam kerja merasa bingung, kepala pusing, ragu, dan sering dalam satu projek kerja tidak kelar dalam satu hari.
Hal ini memang wajar terjadi, karena otak kita juga harus butuh intirahat serta kesegaran agar bisa bekerja lebih baik, namun apabila penyebabnya adalah hal-hal yang tidak biologis atau misalnya ada masalah dari luar, saya kira masalah tersebut mudah untuk diatasi. Dan lebih baik Anda melanjutkan kerja usaha Anda dan ringankan pikiran supaya fokus, karena FOKUS sangat dibutuhkan dalam menjalankan usaha.

Namun apabila ketidakfokusan terjadi dikarenakan adanya kesusahan dalam menjalankan usaha Anda, itu tandanya Anda harus kerja lebih ekstra. Silahkan minim segelas air putih agar kesegaran membantu fokus Usaha Anda.

#3 Tahu Apa Yang Anda Lakukan, dan Lakukan Apa Yang Anda Tahu

Dalam memulai usaha sebaiknya kita harus penuh dengan rasa percaya diri dan jujur kepada diri sendiri. Setiap orang tahu dirinya, tahu potensinya, tahu kelebihannya serta tahu kelemahannya.
Nah, Untuk menjalankan usaha tentukanlah sesuai kemampuan atau kesukaan Anda, karena memang begitulah aturannya. Jika Anda memaksakan diri memulai usaha yang sebenarnya tidak seukuran dengan Anda, mungkin Anda butuh pelatihan serta kelompok kerja yang handal karena Anda sendiri tentu tidak bisa melakukannya sendiri.

Jika usaha merupakan ide Anda, kesuksesan akan mudah datang serta keproduktifan dan inovasi tetap terjaga.

#4 Bertindaklah Secara Sederhana

Banyak pengusaha menyarankan kepada wirausahawan yang memulai agar: melupakan mobil mewah, melupakan rumah megah, dan lainnya yang dimana tentang keterkaitan status sosial pengusaha sukses. Lebih baik sekarang Anda bekerja lebih ekstra, karena suatu saat Anda juga akan mendapat bagian dari kesuksesan tersebut, setiap orang berhak sukses.

Dan Saat ini, Anda wajib tahu cash flow bisnis Anda dan memastikannya berjalan secara positif. Jika cash flow bisnis Anda tidak berjalan dengan benar, maka yakinlah bisnis Anda akan segera berakhir.

#5 Tahu apa yang Anda tahu, apa yang Anda tidak tahu dan siapa yang tahu apa yang Anda tidak tahu!

Artinya "kenali diri Anda sendiri" dan rajinlah bergaul kepada mereka yang sederajat dengan Anda yaitu wirausahawan atau rekan kerja Anda, tentunya dari kosep kerja Anda dia tahu apa yang tidak Anda tahu.


#6 Jangan Terlalu Banyak Bicara, Sekarang Take Action!

Sama artinya Anda jangan membanggakan diri Anda dengan prestasi atau kelebihan yang Anda dapat selama ini. Karena Anda belum disebut sukses...
Jadi sekarang jika sebuah peningkatan atau kelebihan terjadi pada Anda dan usaha Anda maka bersemangatlah dan lebih baik untuk tidak banyak pamer dan berbicara.
Dan lakukan semua yang harus Anda lakukan!

#7 Belajalah Dari Kegagalan

Kata-kata ini merupakan kata yang umum dan tentunya sudah menempel rekat didalam otak banyak orang, mungkin termasuk Anda. Nah, jangan hanya menyimpannya saja dan akan sia-sia apabila Anda memiliki kata tersebut jika Anda patah arang saat kegagalan pertama dan kedua Anda menghampiri.
Belajarlah dari kegagalan yang baik itu, dan analisi kembali apa yang Anda lakukan sehingga menjadi gagal dan jalankan terus usaha Anda.
Karena potensi gagal lebih sering memang dari pada kesuksesan, dan pengusaha sendiri juga bisa sampai puluhan kali gagal agar mendapat satu kesuksesan.

#8 Berhemat

Menurut saya, ini benar sekali. Kita dapat mengalokasikan modal awal untuk keperluan usaha, tetapi jangan berboros. Karena sekarang Anda masih tahap meniti, sayang jika berboros hari ini. Tapi, jangan pelit dong...
Semua butuh modal.
Selain lebih berhemat dimasa sekarang, Anda akan belajar berhemat pula untuk saat masa-masa produksi Anda, serta mungkin hemat juga setelah mendulang kesuksesan.
Jarang lho pengusaha dengan gaya hidup boros...

#9 Menjaga Kesehatan

Yang terpenting dari semua ini adalah kesehatan kita, apa gunanya punya uang banyak jika sakit-sakitan nantinya.
Maka pastikan usaha keras Anda tidak akan mempengaruhi kesehatan Anda ditahap sekarang maupun dimasa mendatang, karena sangat disayangkan. Kesehatan sangat-sangat mahal!

Namun, memang harus diakui saat meniti usaha entrepreneur harus mencurahkan seluru pikiran dan energinya untuk usaha yang dirintis hingga tak jarang 80 % waktu mereka dihabiskan untuk usahanya.
Nah, untuk itu pandai-pandailah memanajemen waktu atau jadwal kerja, kemudian makan makanan yang bergiji untuk penawar terkurasnya enegri Anda, agar Anda tetap fit dimasa sekarang dan saat sukses nanti.
Nah, demikianlah artikel ini semoga bermanfaat..

Baca Juga - Tahu Tidak 10 Syarat Hidup Sukses? Simak Disini!

Fitur ini belum tersedia sekarang :

#Komentar diluar topik tidak akan dibalas
#Spam, Promosi, dan/atau melanggar kebijakan Google & AdSense tidak akan di setujui