Friday, July 29, 2016

Susi Pudjiastuti - Kisah Inspiratif Wanita Pengusaha dan Menteri Tanpa Ijazah SMA

·   0



Susi Pudjiastuti
Susi Pudjiastuti
Siapa yang tidak kenal dengan cocok Susi Pudjiastuti, seorang menteri Kelautan dan perikanan dalam kabinet kerja Presiden negara kita. Kehadiran Susi sebagai menteri cukup kontroversi karena sosok wanita yang memiliki jiwa berani, tegas, dan perhitungan aturan yang ketat dan telah terbukti setelah Susi menjadi pimpinan dalam Perikanan dan Kelautan di Perairan Nusantara telah banyak kapal tanpa ijin dan nelayan ilegal dari negala lain yang berhasil ditindak secara tegas oleh Susi tanpa ada rasa ragu. Susi, "Jika ada kapal tanpa ijin dan ilegal dari negara lain, tangkap, bakar, dan tenggelamkan!" cukup tegas bukan?


Mampu Menjadi Orang Hebat di Negara Walau Hanya Tamatan SMP

Kadang untuk menjadi seorang yang hebat dan terpandang bukan karena latar belakang pendidikan yang tinggi, dan Susi sendiri menjadi salah satu buktinya.
Awalnya saya sendiri pernah tercengang mengenai Latar belakang sekolah Susi Pudjiastuti yang setingkat SMP dan ternyata mampu menjadi salah satu orang terpenting dalam negara ini (pada saat menonton pembagian kabinet kerja Jokowi-JK)


Putus Sekolah-Perjalanan Bisnis

Susi sukses merintis perusahaannya, Pabrik pengolahan ikan PT. ASI Pudjiastuti Marine Product. Produk unggulan dalam perusahaannya berupa lobster dengan pemberian merek "Susi Brand".
Setelah putus sekolah dia memutuskan untuk menjual perhisan miliknya dan mengumpulkan modal yaitu Rp 750.000 untuk menjadi seorang pengepul ikan di Pangandaran (1983) yang menjadi langkah awal perkembangan usahanya untuk mendirikan perusahaan tersebut.
Pasar bisnis pengolahan ikan Susi merambat di kawasan Asia sampai Amerika, hingga ia harus memerlukan sarana transportasi yang cepat ke-mancanegara untuk pengangkutan hasil laut yang masih segar.

Untuk sarana transportasi bisnis yang lancar, pada tahun 2004 Susi meminjam Uang ke Bank sebagai dana untuk membeli sebuah pesawat besar bernama "Cessna Caravan" seharga Rp20 miliar dan menjadi pesawat yang ia gunakan untuk mengangkut lobster dan ikan segar tangkapan nelayan di berbagai pantai di Indonesia ke pasar Jakarta dan Jepang.

Susi juga memiliki perusahaan yaitu PT ASI Pudjiastuti Aviation yang bergerak di bidang penerbangan.
Menjadi Menteri Perikanan dan Kelautan

Tepat pada tanggal 26 Oktober 2014, Presiden RI Joko Widodo dan Wakilnya Jusuf Kalla menunjuk Susi Pudjiastuti menjadi salah satu jajaran dikabinet kerjanya. Sebelum dilantik menjadi menteri, Susi sebelumnya melepas posisi dan jabatan pada semua bisnis dan perusahaannya, agar tidak mengundang konflik antara kepentingan menteri dan kepentingan bisnis yang ia jalankan. Disamping itu juga, alasan susi melepas jabatannya juga supaya ia bisa bekerja maksimal dipemerintahan dalam kabinet tersebut.




Penghargaan-Pengharagaan Yang Mengharumkan Namanya

*.Pelopor Wisata dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barattahun 2004
*.Young Entrepreneur of the Year dari Ernst and Young Indonesia tahun 2005
*.Primaniyarta Award for Best Small & Medium Enterprise Exporter 2005dari Presiden Republik Indonesia. Tahun 2006
*. Metro TVAward for Economics-2006,
*.Inspiring Woman 2005dan Eagle Award 2006dari Metro TV, Indonesia
*.Berprestasi Award dari PT Exelcomindo
*.Sofyan Ilyas Award dari Kementerian Kelautan dan Perikananpada tahun 2009
*.Ganesha Widyajasa Aditama Award dari ITB, 2011
*.Award for Innovative Achievements, Extraordinary Leadership and Significant Contributions to the Economy, APEC, 2011
*.Tokoh Wanita Inspiratif Penggerak Pembangunan, dari Gubernur Jawa Barat, 2008
*.Kanjeng Ratu Ayu (KRAY) Susi Pudjiastutiningrat, dari Keraton Surakarta Hadiningrat, 2015.

Baca Juga - Kesuksesan Eddie Juandie, Mengubah Bonggol Jangung Jadi Uang

Fitur ini belum tersedia sekarang :

#Komentar diluar topik tidak akan dibalas
#Spam, Promosi, dan/atau melanggar kebijakan Google & AdSense tidak akan di setujui