Wednesday, August 10, 2016

Strategi Pemasaran Meningkatkan Penjualan Toko Online Anda!

·   0



pemasaran toko online
Strategi Marketing


Sebelum memulai membaca, saya sarankan untuk sobat-sobatku jangan lewatkan satu paragraf pun pada halaman ini, karena pemahaman strategi adalah peting sekali dikenali dan pahami.

Toko online bisa sukses tentunya karena strategi yang diterapkan, saat ini banyak toko online baru yang tengah berluncuran didunia online, baru beberapa bulan sejak peluncuran sudah mendapat consumen yang loyal kita boleh melihat semisal lazada, blibli, tokopedia, bukalapak, elevenia, dan ecommerce lainnya.

Semua ini dapat dicapai karena menggunakan ilmu strategi, yang jelas kekuatan strategi dalam hal apapun akan menjadi pendorong besar sebuah usaha atau bisnis bisa berkembang, yang namanya strategi pastinya dilakukan dengan cara sehat serta menggunakan akal pikiran, ilmu, dan yang melakukannya adalah mereka-mereka yang sudah belajar sebelumnya mengenai marketing.

Melakukan strategi dalam toko pribadi tentu hasilnya tidak akan sehebat toko online besar yang di luncurkan perusahaan besar dengan berbagai suntikan dana investasi yang besar pula, selain itu toko-toko besar yang sering diiklankan memiliki karyawan lengkap dan tentunya telah menggaet pekerja khusus beberapa orang untuk bekerja melakukan strategi pemasaran dalam toko online, baik itu mengiklan, programming strategi website, SEOers, pemimpin perancang strategi, penjual/suplier yang memang kreatif, dan sebagainya.

Dipostingan kali ini saya hanya akan membahas strategi promosi untuk personal business atau personal marketing, sekarang saya menganggap Anda sebagai penyendiri dalam toko Anda, terserah jika memang Anda memiliki partner bisnis yang nanti akan kalian terapkan bersama-sama, dan sekarang kita akan menuju point-pointnya, silahkan dibaca, disimak, dan segera diterapkan semoga uasaha Anda lancar..... :)

Strategi ini akan saya bagi dalam 3 garis besar yaitu:
1. Strategi Pemasaran Internal
2. Strategi Pemasaran Eksternal
3. Strategi Pemasaran Offline
dan kemudian akan saya bahas lengkap satu-persatu agar ampuh!, silahkan diikuti terus ya...

Strategi Pemasaran Internal

Seperti materi dalam pelajaran sekolah kata internal berarti Segala Sesuatu Hal Yang Berasal Dari Dalam, apa sesuatu yang berasal dari Dalam pada marketing/bisnis online?

Blog (website), Email Marketing, dan iming-iming (bonus, diskon, maupun event kejutan lain).

A. Menggunakan Blog atau Website
Strategi pemasaran menggunakan website diakui pebisnis sangat ampuh, selain itu juga website akan menjadi rumah atau market place (tempat pasar) dalam jualan Anda, tetapi Anda harus tahu apabila website toko hanya dibangun, dipublish, dan diisi produk, jualan Anda akan sulit untuk lakunya. Ini diibaratkan seperti membuat sebuat blog baru yang belum dikenali oleh orang-orang. Beberapa cara yang sering digunakan pebisnis online untuk mendatangkan pengunjung yaitu melalui SEO (Search Engine Optimization) yang tentunya gratis jika Anda tahu, dan demi kelangsungan pasar yang ramai Anda harus pelajari yang namanya SEO.
Tetapi ada kabar baik, walaupun Anda tidak bisa atau tidak pandai dengan optimasi SEO, Anda juga bisa membuat website hanya sebuah rumah/toko saja dan untuk bagian promosi Anda dapat mengandalkan point-point dibawah ini. Jujur saja, saya bukanlah orang yang pandai dibidang SEO bahkan bodoh karena perhatian saya tidak banyak mengenai ini, tetapi saya memanfaatkan cara-cara promosi lainnya untuk menghadirkan pengunjung keblog-blog saya, tetapi hasilnya bagus kok dan masih bisa mengisi dompet saya.
Selanjutnya baca lagi..

B. Manfaatkan Email Marketing

Aset penting marketing dalam sebuah toko online adalah menggunakan email marketing, jika Anda kurang paham dengan email marketing Baca Mengenai Email Marketing Disini. Saya akan selalu menyarankan Anda untuk giat dan gigih dengan email marketing ini.
Pernahkan Anda berkunjung kesebuah toko semisal tokopedia.com atau lainnya, toko online kerap memajang widget email dengan mengubar kalimat, "masukkan email Anda untuk mendapatkan diskon khusus", update harga terbaru", dan "event-event terbaru", dan sebagainya. Pengunjung akan tertarik dengan ini karena akan memasukkan email mereka dan akan terdaftar dilist langganan toko yang akan dikirimi pesan-pesan berupa ulasan produk atau informasi-informasi produk terbaru dalam toko tersebut.
Anda jangan mengabaikan email marketing.

C. Iming-ming
Strategi marketing terakhir internal yaitu melalui iming-iming, sebenarnya iming-iming itu bahasa apaan sih? Yang jelas ad artinya ya
Iming-iming yang saya maksud seperti bonus, potongan harga, dan diskon pada event-event tertentu, tips ini akan membuat pelanggan ringan tangan untuk membeli produk Anda dan sudah jelas terbukti iming-iming ini salah satu pelaris bisnis!..

2. Strategi Pemasaran Eksternal

Eksternal adalah sebaliknya dari Internal, dimana promosi yang kita lakukan diluar toko atau market place tetapi yang bertujuan untuk menarik pelanggan ke toko Anda. Pemasaran secara eksternal memiliki ragam cara atau metode, dan menurut pengalaman para marketer pendahulu serta sudah saya buktikan sendiri, pemasaran eksternal memberikan kontribusi yang lebih baik dari segala jenis promosi baik Internal maupun offline, karena promosi secara eksternal memiliki ruang lingkup yang umum, luas, serta terkena keseluruhan oleh konsumen, adapun macam-macam promosi eksternal itu antara lain:
*. Sosial Media
*. Forum
*. Website Katalog
*. Advertising (PPC, Adwords, Menyewa space, jenis periklanan lainnya
*. Ataupun menggunakan market place orang lain
*. Dan cara-cara promosi online lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk mendatangkan pengunjung atau pelanggan ke toko online Anda.

A. Menggunakan Sosial Media
Sosial media sangat bagus dijadikan ladang promosi karena pengguna sosial media kian merambat dari kota sampai kepelosok. Anda dapat memanfaatkan sosial media yang populer seperti facebook, twitter, googleplus, dan sejenisnya.
Untuk hasil yang baik, Sangat baik jika Anda mengulas beberapa artikel penting yang ada kaitannya dengan produk Anda. Misalnya Anda menjual gadget, silahkan ulas informasi menarik mengenai gadget dan kemudian silahkan promosikan pula produk tersebut. Selain itu Sangat baik juga apabila Anda memanfaatkan iklan premium disosial media karena akan lebih tertarget kepada pelanggan yang cocok pada produk tersebut menurut Anda.

B. Advertise/Mengiklan
Apabila toko online Anda terlihat memiliki prospek yang cukup besar, misalnya produknya banyak dan lumayan lengkap. Untuk penjualan yang meningkat Anda dapat memanfaatkan media periklanana untuk mendapatkan pelanggan, misalnya melalui periklanan PPC, dan yang terbaik serta murah menurut saya menggunakan Adwors. Atau Anda juga dapat menyewa space iklan diblog-blog.
Tetapi perlu diperhatikan, apabila Anda menyewa space diblog pilihlah blog yang topik atikelnya ada keterkaitan dengan produk yang Anda jual, agar lebih sepesifik, karena seseorang yang mencari artikel mengenai produk tujuan lanjutnya dia ingin membeli produk tersebut.

C. Memanfaatkan Market Place

Untuk pasar-pasar singkat Anda dapat memanfaatkan market place, tetapi saran saya Anda hanya menjual beberapa produk saja dan pilih juga market place yang populer seperti bukalapak.com, dan jangan lupa pada informasi akun Anda dimarket place tautkan alamat website toko Anda.

Selain ketika promosi ekternal diatas masih banyak lagi yang cara pemasaran yang dapat manfaatkan didunia online.

3. Strategi Pemasaran Offline

Menurut saya pemasaran secara offline juga cukup ampuh karena akan dianggap real oleh masyarakat daripada secara online yang kadang dianggap bohongan karena maya.
Apa yang dapat dilakukan lewat pemasaran secara offline?
Saya punya beberapa tips untuk marketing secara offline.
Dan berikut strategi pemasaran secara offline:

A. Membuat poster untuk iklan
Anda dapat membuat poster hitam putih saja, dengan ukuran stengah dari kerta HVS yang akan dicetak, kemudian bisa Anda tempelkan di tiang listrik, tempat-tempat umum, digerbang gedung-gedung dengan catatan Anda harus pandai melakukannya. Jangan terlalu banyak dan jangan sampai diketahui aparat serta dinas kebersihan. Jadi pandai-pandai saja melihat situasi, atau pada malam hari saja ditempel, hehehe.
Jangan lupa juga untuk membuat iklannya didepan rumah Anda, serta menambahkan nomor HP, PIN BB, Email, website. Dan meskipun Anda hanya dropshiper tetapi promosi seperti ini sangat cocok juga dilakukan.

B. Beritahukan Kepada Teman-teman Anda

Meski terkesan konyol dan mungkin membosankan bagi mereka, tetapi cara seperti ini juga cukup ampuh untuk menemukan penjual produk Anda. Salah satu tentangga saya, seorang gadis muda yang berbisnis dropship dia hanya mengandalkan media sosial dengan pemasaran offline, tetapi dia berhasil mengadakan penjualan kepada produk-produknya.
Menurut saya, semua metode promosi itu membawa penjualan yang baik, tetapi yang jelas untuk membuat strategi pemasaran, Anda harus berjuang, berusaha, dan semangat.

Nah, demikianlah artikel saya semoga bermanfaat.

Baca Juga - 5 Tips Sukses Membangun Toko Online

Fitur ini belum tersedia sekarang :

#Komentar diluar topik tidak akan dibalas
#Spam, Promosi, dan/atau melanggar kebijakan Google & AdSense tidak akan di setujui