Saturday, July 30, 2016

Memilih Niche Paling Tepat Memonetisasi Blog Dengan Adsense

·   0



AdSense Targetting
publikasi pertama 28 Oktober 2015
update terakhir 30 Agustus 2016

Hallo semua...
Setiap publisher tentu akan menginginkan penghasilan yang tinggi di adsense. Berbagai cara dilakukan ditambah lagi mencari-cari tips dan trik dengan bantuan mesin pencari, barangkali dorongan ini yang menyebabkan Anda masuk ke blog ini, selamat datang...

Okey saya mulai saja***
Sedikit pembahasan mengenai "niche"
Niche adalah Sebuah topik fokus yang di pertahankan seorang pemasar (biasanya blogger)  yang menjadi topik yang di kembangkan oleh penulis tersebut. Niche tidak lebih dari 3 topik besar, niche juga sering diartikan blog yang dikelola fokus dalam satu bidang saja.

Niche menjadi salah satu faktor banyak sedikitnya penghasilan blog Anda, dan saya kira berlaku untuk segala jenis monetisasi blog baik itu affiliate, paid review, PPC, PPD, dan sebagainya kecuali CPM (cost per million) karena CPM menampilkan iklan bukan karena kehendak pengunjung dan tanpa sengajapun iklan bisa saja muncul, dan saya tidak akan membahas yang namanya CPM diartikel ini, cari diartikel lain ya...
Seperti yang jenis monetisasi lainnya, monetisasi dengan Google Adsense yang berbasis Pay Per Click juga memerlukan konten yang relefan serta spesifik dengan iklan, mengapa?

Karena pengunjung yang membaca sebuah topik, dan iklan yang relevan tidak dianggap sebagai penganggu bagi sipengunjung bahkan dia akan menganggap bahwa blog tersebut kaya akan konten dan cukup membantu dia, mungkin Anda bingung. Okey kita ambil satu contoh:
misalnya seseorang sedang mencari informasi mengenai hosting dan domain, dan menemukan artikel tersebut, kebetulan iklan didalam blog juga relevan yaitu iklan mengenai promosi domain dan hosting, maka dengan kerelevanan ini pengunjung tadi bisa saja melakukan klik pada iklan tersebut karena mungkin dia sedang butuh dan ingin membeli domain dan hosting. Itulah salah satu kajian mengapa kategori blog sangat penting untuk relevan dengan kategori iklan yang kita pasang, dan banyak diantara penyedia PPC menurut saya iklan Adsenselah yang lebih relevan dengan menyesuaikan tampilan iklan yang spesifik dengan konten, makanya publisher adsense rata-rata berpenghasilan tinggi.

Nah, sekarang saya akan berbagi informasi niche apa yang paling tepat untuk menghasilkan banyak dollar?
Langsung saja...

A. Dengan Niche HPK (High Paying Keyword)

Pernahkah Anda mendengar istilah High Paying Keyword selama Anda menjadi publisher adsense? High paying keyword merupakan kata kunci didalam konten yang nilai bayarnya besar.
High Paying Keyword ada 2 cakupan yaitu Lokal (bahasa negara) dan Internasional (bahasa inggris) dan tentu berbeda HPKnya.
Bagaimana cara mendapatkan HPK tersebut?
Salah satu tools yang akurat dan terbukti yaitu melalui tools http://www.semrush.com/, tools tersebut dibatasi penggunaanya, maksudnya tidak selamanya tools tersebut bisa diakses gratis.

Mengapa ada high paying keyword?
high paying keyword merupakan kata kunci yang nilai cost per click (CPC) yang ditawarkan advertiser sangat besar untuk setiap kliknya. Konten dalam HPK bisa jadi karena topiknya yang mahal dan menyangkut keuangan seperti asuransi, hosting, politik, bisnis, dan lainnya.
Nah, silahkan dicoba yang satu ini, blog yang memiliki banyak HPK akan memiliki peluang mendapat penghasilan tinggi.

Namun perlu Anda ketahui untuk menargetkan iklan dengan jenis High Paying Keyword tidak perlu dipaksakan. kadang blogger sering teperangkan untuk mencari-cari topik tertentu untuk mengejar high paying keyword. Menurut saya menulis yang bermanfaat saja sudah bagus untuk memonetisasi dengan Adsense. karena memilih-milih topik hanya akan menyusahkan kita sendiri. Namun jika Anda memang ahli dalam pemilihan keyword yang potensial sangat baik, karena itu menjadi keahlian Anda.


B. Memanfaatkan Niche Umum (General)

Artikel umum atau general belum tentu berisi niche gado-gado. Tetapi disini niche tersebut merupakan niche selain dari pada ruang lingkup IT, marketing, bisnis online, blogging, dan sejenisnya. Anda juga perlu mengetahui bahwa blog dengan niche yang berhubungan dengan IT seperti, bisnis online, blog, komputer, marketing, dan macamnya tentu membawa pengunjung yang latar belakangnya adalah seorang IT juga, dimana mereka sudah mengerti tentang seluk beluk periklanan juga apalagi PPC, dan kebanyakan mereka enggan melakukan klik pada iklan. Namun yang paling parah disini adalah niche Blog dan IT, itulah sebabnya mengapa blogger yang memasang iklan di blog bertema blog sering mengeluh karena penghasilan rendah, karena apa? Karena jarang terjadi kl*k pada iklannya. Walaupun begitu blogger juga kadang membutuhkan iklan seperti hosting dan domain.
Namun kasus ini agak berbeda dengan blog yang membahas internet marketing atau bisnis online, karena sangat banyak iklan yang relevan dengan topik ini dan kebanyakan semuanya dibutuhkan para marketer apalagi pemula, sehingga tak jarang juga blog yang mengulas bisnis berpenghasilan tinggi.
Dan bagaimana dengan niche umum tadi? Niche umum adalah selain dari niche berjenis IT seperti:
kesehatan-kebugaran-nutrisi, tumbuh-tumbuhan, kecantikan, traveling, wisata, alam bebas, pemandangan, alam, keterampilan, masak-memasak, edukasi, politik, dan lain sebagainya.
Anda juga perlu tahu, bahwa pengunjung yang membaca niche-niche diatas yang bukan berasal dari seorang IT tentu tidak terlalu paham mengenai seluk-beluk iklan, bahkan orang awan ringan tangan melakukan kl*k pada iklan, banyak teori penyebabnya namun tidak bisa saya jelaskan secara rinci yang jelas orang awam suka dengan tampilan iklan!. Selain itu juga niche-niche diatas banyak juga pengiklannya sehingga kerelevanan iklan dengan artikel masih mudah ditemukan.


C. Menggunkan Niche Yang Populer Dikalangan Pengunjung Serta Banyak Juga Pengiklannya

Menurut saya diantara ketiga pemilihan niche ini, yang tipsnya paling tepat adalah bagian C ini. Bagaimana tidak, niche blog yang populer ditambah lagi banyak pengiklannya! Ada 2 faktorisasi yang kuat untuk mendorong besarnya penghasilan dari adsense. Dan apa saja niche-niche tersebut? Berikut:
*. Bisnis Online
sudah tentu sekarang sangat banyak orang yang ingin belajar bisnis online dan blog-blog bisnis memiliki trafik yang banyak pula, selain itu banyak pengiklan yang menawarkan bisnis online seperti freelance, marketing, dropship, affiliate, MLM, dan sebagainya.

*. Kesehatan, Nutrisi, dan Kebugaran
Tak dipungkiri juga banyak pengiklan yang mempromosikan prosuk-prosuk kesehatan, nutrisi dan kebugaran mereka di adsense disamping itu blog dengan niche ini juga sangat populer!.

*. Fashion dan Kecantikan
Yang ini juga sudah tidak hal baru lagi, fashion dan kecantikan sudah sebagaian dari hidup masyarakat modren. Pengiklan banyak pengunjug apalagi!

*. Elektronik
seperti gadget, komputer, laptop, tablet, dan sejenisnya sudah menjadi sangat populer dijaman ini. Tak heran jika advertiser juga sangat banyak yang mengiklankan produk-produk mereka maupun toko atau ecommerce yang menjual alat teknologi ini.

*. Otomotif
Niche yang satu ini sudah tentu sekali, sekarang permintaan akan kendaraan semakin tinggi. Disamping itu banyaknya seri-seri terbaru dan hadir dengan tampilan-tampilan yang menarik perhatian publik, sehingga blog mengenai otomotif pun sudah populer saat ini. Bagaimana dengan advertisernya? Banyak tidak? Sangat banyak!

Bonus Lainnya:

  • Teknologi
  • Kuliner
  • Wisata
  • Asuransi
  • Finansial
  • Karir


Nah, demikian artikel saya semoga bermanfaat!...

Apapun niche blog Anda dalam mengelola blog, selama niche tersebut bermanfaat. Pasti akan membuahkan hasil yang baik.

Baca Juga - Ingin Sukses? Inilah 5 Etika Blogger YangTidak Boleh Dijauhi

Fitur ini belum tersedia sekarang :

#Komentar diluar topik tidak akan dibalas
#Spam, Promosi, dan/atau melanggar kebijakan Google & AdSense tidak akan di setujui