Sunday, July 31, 2016

Dampak Positif dan Negatif Paling Menonjol Dalam Perkembangan Teknologi

·   1





teknologi dampak positif dan negatifnya
Advantage and Disadvantage of Technology
Perkembangan teknologi yang kian modern membawa kita kepada perubahan sosial dan budaya yang sangat besar. Unsur-unsur dalam sosial masyarakat hampir semua telah berubah apalagi yang namanya adat sudah banyak yang memberlakangkannya yang dulunya masih dianggap unsur cara hidup terpenting.
Perubahan tersebut mencakup unsur-unsur budaya material: pergantian alat-alat untuk kegiatan aktivitas yang tradisional ke modern dan non-material: norma dan nilai masyarakat (pelajaran sosiologi XII).

Perubahan unsur-unsur tersebut membawa dampak yang baik, membantu aktivitas, serta menambah ilmu pengetahuan yang disebut sebagai dampak positif dan juga dampak yang menganggu dan merusak tatanan masyarakat, etika, dan moral buruk yang disebut dampak negatif. Nah, mari baca penjelasannya..
dampak negatif dan positif yang paling menonjol dalam perkembangan teknologi :


A. Meninjau Dari Dampak Positif Perkembangan Teknologi

Dampak positif ini membawa kesejahteraan bagi masyarakat, lembaga, peserta didik, maupun petinggi negara (pemerintahan), karena sangat membantu berbagai kegiatan-kegiatan dalam menjalankan aktivitas. Dampak positif ini ditandai dengan banyaknya kreator pendatang baru yang melakukan invention (membuat penemuan baru dari produk yang sudah lama ada) dari discovery (produk asal), banyak mendukung infrastruktur dunia pendidikan, dunia semakin informatif, banyak tercipta lapangan kerja baru, mempermudah berbagai aktivitas, dan masih banyak lagi.
Dan berikut penjelasannya satu-satu:

1. Banyaknya Invention Pendatang Baru
Invention merupakan sebuah penemuan produk baru yang di ciptakan dari produk yang sudah lama ada, atau boleh dikatakan produk hasil invention ini adalah hasil penyempurnaan menuju produk yang tingkat kualitasnya lebih tinggi. Barang-barang teknologi sekarang adalah rata-rata hasil invention yang disempurnakan dari discovery. Seperti halnya Handphone atau Gadget ataupun smartphone, kita bisa melihat perkembangannya dari waktu ke waktu dimana dari kesederhanaan menuju modern.
Invention di lakukan oleh orang yang menciptakan produk discovery ataupun yang memiliki hubungan kerja/relasi dalam satu perusahaan dengan tujuan menyempurnakan (upgrade) atau dilakukan pihak diluar sipenemu yang terinspirasi dari discovery untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam produk tersebut.
Nah, dengan penemuan baru yang belum pernah ada (discovery) sangat banyak orang yang ingin menciptakan produk baru yang pada umumnya sama seperti discovery tetapi dengan menyempurnakan nilai gunanya.
Hal ini membawa banyak pihak menjadi kreatif dan inovatif yang akan sangat bermanfaat hasil buatannya untuk semua orang.

2. Mendukung Infrastruktur Dunia Pendidikan
Dulunya untuk belajar guru dan siswa hanya menggunakan buku sebagai referensi belajar, tetapi sekarang banyak vendor teknologi yang menyediakan fasilitas belajar yang memungkinkan pembelajaran lebih simple dibarengi dengan membuat hiburan bagi peserta didik, seperti infocus, laptop, komputer. Serta mendukung alat-alat praktek yang membawa pelajar untuk bisa menciptakan teknologi dimasa depan.

3. Dunia Semakin Informatif
Dengan Gadget, Tablet, Komputer/Laptop, Radio, Televisi, dll. Memudahkan kita untuk mengakses informasi tanpa batas waktu dan daerah jelajahan berita. Tentunya akan membuat kita mendapat ilmu dan pengenalan baru mengenai budaya asing.


4. Banyak Terciptanya Lapangan Kerja Baru
Pembuatan teknologi membutuhkan tenaga kerja kalau ini sudah pasti membawa pekerjaan bagi banyak orang, selain itu dengan pemanfaatan teknologi terkhususnya laptop, gadget, tablet akan menjadi alat kita untuk berbisnis misalnya bisnis online yang sekarang sedang populer dan maraknya. Seperti kamera dan video yang sering dipakai oleh photografer profesional maupun amatir.


5. Mempermudah Aktivitas
Ini sudah tentu sekali, karena hampir semua aktivitas menggunakan teknologi modern sekarang. Mungkin Anda sudah mengerti yang satu ini.

Walaupun teknologi membawa banyak dampak positif tetapi tetap juga banyak membawa dampak negatif. Yang jelas dunia ini selalu ada baik dan jahatnya, ibaratkan gelap dan terang, air dan api yang sering di konjungsikan tetapi tidak ada keterkaitan, jika dikaitkan malah konflik yang terjadi.

Dampak buruk yang terjadi pada umumnya bukan karena secara fisik oleh teknologi tersebut, tetapi melalui penggunaan. Dampak negatif ini terjadi sering mengakibatkan konflik, terjadinya imitasi, identifikasi, dan motivasi yang buruk dari informasi budaya asing melalui media berita, terjerumusnya pihak-pihak yang belum sepantasnya untuk mengankses konten dewasa, perselingkuhan yang berawal dari pertemanan di media sosial, banyak menurunkan minat belajar kepada pelajar, dan masih banyak lagi.

Dan sekarang penjelasannya..


B.Meninjau Dari Dampak Negatif Perkembangan Teknologi


1. Meniru Gaya Hidup Budaya Luar Yang Tidak Sesuai Dengan Ideologi Bangsa
Imitasi, Identifikasi, dan Motivasi bukan hanya pemberi sifat baru yang positif. Mengakses berbagai informasi dan gaya hidup dari luar negeri sangat sering membuat kita ingin mengikutinya, seperti model pakaian, style yang terkesan vulgar, dan gaya hidup yang merusak moral dan mental karena tidak sesuai dengan jenjang umur, status, dan mental alami di negara kita, karena ter imitasi, identifikasi, dan motivasi oleh budaya luar tersebut.
Mengakses informasi tersebut tentu menggunakan media, serta pencetakan media cetak dan massa menggunakan teknologi, itulah sebabnya dikatakan sebagai dampak dari teknologi.



2. Maraknya Perselingkuhan dan Prostitusi
Teknologi membuat kita mudah untuk berhubungan dengan masyarakat lain sampai ke seluruh dunia, seperti contoh penggunaan media sosial yang digunakan untuk berinteraksi dengan masyarakat lain. Media sosial dan alat teknologi komunikasi lain sudah terkesan seperti didunia nyata dan langsung sehingga banyak terjadi pertemuan orang-orang yang kehausan s*x, perselingkuhan, serta prostitusi yang diawali dari pertemanan.
Tak jarang banyak tersiar berita-berita seperti ini.


3. Mudahnya Mengakses Konten Yang Tidak Selayaknya Bagi Umur Tertentu
Internet sangat terbuka lebar untuk hampir semua pihak tak terbatas umur dan status karena sifatnya maya, sehingga banyak anak-anak dibawah umur yang penasaran dengan konten dewasa akhirnya terjerumus untuk mencoba mengakses konten tersebut dan terjadi tidak hanya sekali saja, berkali-kali. Sehingga hal ini memicu pikiran yang kurang baik bagi anak-anak sehingga mempraktekkan hal-hal tak senonoh tersebut kepada pihak lain. Hal ini terjadi karena sebelumnya ada rencana atau karena kesempatan.


4. Mulai Pudarnya Niat Pelajar Untuk Menyelesaikan Pekerjaan Dari Sekolah
Walaupun fungsionalnya maya, tetapi teknologi membuat kita merasa terhibur, nyaman bahkan kecanduan karena program-program yang ada pada teknologi tersebut seperti game. Bukan hanya game saja bentuk lain selain game juga ada yang membuat pelajar menjadi lupa dan malas untuk belajar.
Bahkan lebih parahnya lagi, sebagain pelajar di hampir disetiap kelas anak SMP dan SMA sibuk dengan gadget pada saay proses belajar-mengajar..
Saya sendiri juga melihatnya.

Nah, demikianlah dampak positif dan negatif yang menonjol dalam pekembangan teknologi, semoga bermanfaat.

Baca Juga - 7 Mindset Terpenting Mencapai Kesuksesan Dalam Segala Hal

Fitur ini belum tersedia sekarang :

1 komentar:

  1. bagi saya dampak positifnya saya bisa krja cepat, tapi dampak negatifnya jadi malas-malasan karna nonton youtube mulu, hehe..

    ReplyDelete

#Komentar diluar topik tidak akan dibalas
#Spam, Promosi, dan/atau melanggar kebijakan Google & AdSense tidak akan di setujui