Monday, August 15, 2016

10 Hal Yang Harus di Lakukan Sebelum Membangun Sebuah Blog atau Website

·   0



10 hal yang harus di perhatikan atau dipersiapkan sebelum membangun sebuah blog atau website

Blog menjadi salah satu media aplikasi online yang di gunakan ratusan hingga ribuan pengguna internet untuk sebagai wadah sharing dan informasi mengenai apapun. Terciptanya sebuah blog atau website tentu memiliki latar belakang yang bermacam-macam sehingga sangat banyak jenis dan macam website atau blog seperti teknologi, berita, internet, marketing, dan lain-lain.
Mungkin anda sendiri juga punya latar belakang, maksud dan tujuan yang berbeda untuk membangun sebuah blog/website. Namun, sebelum ke tahap pembuatan banyak hal yang harus kita ketahui dahulu, dan saya rasa beberapa hal di bawah ini memang sangat penting dan wajib anda terapkan dan pikirkan. Sebelum anda menyesal nantinya...
Nah, bagi sobat yang penasaran lebih baik kita tinjau 10 hal yang harus di perhatikan sebelum membangun sebuah website atau blog :

1. Modal!
ya, modal. Hampir semua hal yang kita lakukan di dunia ini tentu butuh modal kecuali udara dan matahari, ya kan?. Modal yang di butuhkan untuk menjadi blogger itu adalah biaya untuk membeli komputer/laptop, biaya membeli paket data, atau perangkat jaringan lokal yang bisa kita lakukan untuk mengakses internet. Masih ada pemodalan lain yang kita butuhkan nantinya, jadi butuh persiapan juga.

2. Harus Punya Tujuan
dalam blogging tentu kita harus mempunyai tujuan, supaya ketika saat mengelola website kita bisa menentukan strategi dan bagaimana jadinya blog kita tercipta. Bermacam-macam tujuan bagi para blogger pemula, seperti sharing, bisnis, berita, dan lainnya. Dan anda tentukan sendiri apa tujuan anda untuk membangun sebuah blog atau website.
Dan satu lagi yang harus anda tahu, kadang tujuan awal ini bisa saja berubah secara perlahan menurut kondisi dan cara kita.

3. Blog kita Harus Original
original berarti asli, tanpa copas ataupun plagiat. Banyak blogger yang menentang aturan ini, hingga akhirnya blog miliknya sendiri di hapus/banned pihak terkait. Jadi bagi pemula hal ini penting di perhatikan, supaya tidak terjadi penyesalan yang tidak bergunan nantinya.

5. Berpikir Untuk Memiliki Banyak Pengunjung
ya, saya rasa semua blogger punya harapan untuk memiliki banyak pengunjung. Dan ini juga penting apalagi jika blog anda nantinya sebagai blog komersial (penghasil) dan sangat mengecewakan nantinya kalau pengunjung blog itu hanya sedikit. Nah, untuk meraih harapan ini banyak hal yang harus kita lakukan : konten berkualitas dan bermanfaat, niche yang fokus, SEO, dan jangan melanggar aturan yang berlaku.

6. Mampu Mengolah Kata
karena blogging itu adalah menulis, jadi sangat di sarankan jika ingin menjadi blogger harus punya sedikit pengetahuan dalam hal menulis, menulis disini berarti berkarnya, mengolah kata. Jadi jika belum punya pengetahuan ini, marilah belajar dulu. Supaya lebih luas dalam pemahaman menulis anda harus rajin membaca blog/website yang terkenal.

7. Bersiap Untuk Bersaing
semakin hari, jumlah blog yang di publish semakin banyak, sehingga semakin ketatnya persaingan untuk mencari pengunjung. Supaya anda mampu bersaing, anda di tuntut keras untuk belajar pemahaman strategi dalam blogging, seperti merebut halaman pertama mesin pencari, belajar SEO, selalu bermanfaat, dan pantang menyerah. Intinya membangun sebuah blog/website apalagi komersial bukanlah hal yang mudah dilakukan, banyak yang sukses dan lebih banyak yang gagal, jadi belajarlah mulai sekarang melalui blogger-blogger terkenal dan master demi persaingan, dan satu hal persiapan yang harus anda jaga dan tetapkan yaitu "pantang menyerah"

dan beberapa hal pendukung penting lainnya yaitu:

8. Belajar Dasar Web Design
hanya butuh pengetahuan dasar saja supaya anda bisa belajar SEO, HTML/Javascript, untuk lebih mudah mengelola blog anda nantinya.

9. Mengerti Sistem Kerja Algoritma Mesin Pencari
sebenarnya ini mudah saja, tetapi anda boleh mencari di blog lain apa saja sistem dan ciri-ciri algoritma google. Jika anda malas untuk ini, cukup ikuti saja TOS google dan tulis konten original berkualitas.

10. Belajar Mencintai Pekerjaan Anda
ya, supaya apa rencana dan tujuan anda berakhir sia-sia. Dan satu lagi membangun blog atau website tidak boleh main-main!

Incoming keyword :
pengetahuan sebelum membuat blog, hal yang harus diperhatikan sebelum membuat sebuah website, persiapan sebelum membuat atau membangun sebuah blog atau website

Fitur ini belum tersedia sekarang :

#Komentar diluar topik tidak akan dibalas
#Spam, Promosi, dan/atau melanggar kebijakan Google & AdSense tidak akan di setujui